Iklan
My Journal

Gaya Hidup Hedon Pejabat

Gambar diambil dari : http://emotorauto.com/

Baru-baru ini, Pak Busyro sang ketua KPK menyentil pejabat, terutama di DPR, agar tidak hidup dengan lifestyle yang tinggi dan bersifat hedonis. Hal ini selaras dengan fakta mobil-mobil mewah yang dimiliki oleh para pejabat yang terparkir indah di depan gedung kerjanya. Pak Busryo mengingatkan agar para pejabat lebih berempati terhadap masyarakat dan mencoba untuk tidak berlebihan dalam kehidupan sehari-harinya.

Himbauan Pak Busryo pun ditanggapi dengan pro dan kontra. Mereka yang pro menyatakan bahwa sifat hedonis pejabat akan menjauhkan jarak antara pejabat dengan rakyat. Tindakan yang mengeluarkan yang dalam jumlah besar untuk kepentingan pribadi seakan tidak pada tempatnya mengingat banyaknya kemiskinan dan kelaparan di negara ini. Namun pendapat yang kontra pun masih santer terdengar. Beberapa mengemukakan bahwa dia sudah memiliki lifestyle seperti itu sebelum menjadi pejabat. Mobil-mobil mewah tersebut sudah ia miliki dari dulu dan tidak ada alasan untuk tidak menggunakannya.

Kalau saya pribadi menganggap tidak ada yang salah dengan himbauan Pak Busyro karena ia hanya mengingatkan bahwa banyak masyarakat mengeluh dengan kondisi tersebut. Tidak ada paksaan ataupun tuduhan kepada siapapun mengenai hal tersebut. Apalagi ia mengingatkan bahwa lifestyle tersebut bisa memancing terjadinya korupsi. Namun memang tidak mudah mengubah kebiasaan seseorang yang sudah terbentuk semenjak lama. Beberapa orang yang mampu hidup sederhana dan memiliki idealisme serta prinsip hidup yang baik seperti Pak Dahlan Iskan (mantan dirut PLN yg kini menjabat menjadi menteri BUMN), pasti sudah melakukan hal tersebut semenjak ia muda. Akibatnya adalah walaupun sekarang ia disuguhi fasilitas dan harta, idealismenya tidak bisa terlunturkan. Masalahnya adalah orang seperti Pak Dahlan itu sedikit sekali. Andai kata semua pejabat memiliki idealisme seperti itu, tentu himbauan pak Busyro tidak perlu terlontar. Bahkan Pak Busyro sendiri tidak perlu menjabat jadi pemimpin KPK karena korupsi pun tidak ada di negeri ini. Semoga tahun-tahun ke depan semakin banyak orang-orang yang memiliki idealisme yang tinggi dan mampu mempertahankan nilai-nilai luhur yang akan duduk di kursi pejabat.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: