My Journal

Pembuatan Aturan Bagi Pilot Drone

Bagi penggembar videografi, tentunya tahu bahwa saat ini pengambilan gambar menggunakan pesawat tanpa awak sedang naik daun. Kamera pada drone ini sering digunakan untuk mengambil gambar unik dan menarik dari ketinggian. Bahkan dalam beberapa acara seperti konser atau wisuda, saya melihat ada pilot drone beserta pesawatnya yang sibuk berputar di udara.

Sebagai sebuah teknologi baru, pemerintah berusaha mengejar untuk pembuatan regulasinya dengan cepat. Sayangnya terlalu cepat, tanpa melalui proses sosialisasi dan diskusi yang cukup, sehingga justru aturan tersebut diteken tanpa peran komunitas atau asosiasi pengguna drone di Indonesia.

Teman saya, Paw, yang memiliki usaha sewa drone menceritakan kepada saya kalau dirinya sama sekali tidak menerima undangan apa-apa terkait perancangan aturan tersebut. Padahal, menurut saya para pelaku di industri dan juga komunitas perlu untuk dilibatkan dalam proses perancangan aturan yang akan mempengaruhi kegiatan mereka.

Contoh penggunaan Drone

Contoh penggunaan Drone

Lalu apa sih yang dipermasalahkan tentang aturan ini? Secara umum terkait aturan keselamatan penerbangan sih tidak ada masalah. Kayak tidak boleh terbang di dekat bandara, terbang hanya boleh dalam batas ketinggian tertentu, dan SOP keamanan dirasa sudah tepat. Yang jadi masalah adalah beberapa pasal yang dirasa agak aneh.

Saya coba bertanya terkait hal ini dengan Gika, sahabat saya yang juga aktifis Drone dan GoPro (bisa dilihat contoh videonya menggunakan drone di sini) terkait dengan aturan tersebut. Permasalahannya ada diperihal izin terbang yang harus dibuat dari 2 minggu sebelum dan juga izin pengambilan gambar di ruang publik yang harusnya tidak dibatasi oleh aturan. Untungnya Gika bercerita bahwa komunitas sudah bertemu dengan pihak terkait dari pemerintah untuk merevisi aturan ini agar bisa lebih pas.

Videografi menggunakan Drone karya Gika Pradana

Videografi menggunakan Drone karya Gika Pradana

Harusnya sih dari awal sudah melakukan pendekatan dengan komunitas atau asosiasi yah. Kayak kemenkominfo yang mengundang asosiasi dan komunitas game untuk membahas aturan terkait game. Tapi gak papa, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Yang jelas semoga dengan aturan ini, para pecinta drone bisa terus berkarya, keamanan dan kenyamanan masyarakat luas juga tetap terjaga.

Bagi kamu pengguna Drone juga, bagaimana menurut kamu tentang aturan yang dibuat oleh pemerintah ini? Bisa jadi beberapa tahun mendatang, langit kita penuh oleh Drone yah :p Gak bisa lagi deh bolos sekolah atau ngumpet-ngumpet karena akan selalu ada mata yang mengawasi. Hehehe

untuk yang belum tahu aturan yang dibuat pemerintah, bisa cek di link ini atau ini.

eh ya, ada yang mau voucher sepatu? cek di sini: Voucher diskon sepatu Brodo

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Comments on Pembuatan Aturan Bagi Pilot Drone

  1. Hehehe makasih adam atas reviewnya. Ini video baru Dari gw siapa tau ada yang mau iseng menikmati lowlight jakarta in 4K https://youtu.be/kRqCw5LABD4 like comment and subscribe. Thanks 😁

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: