Iklan
My Journal

Cara Menginstall Apple OSX di Mac Book Menggunakan Hard Disk Kosong

Simak cara untuk menginstall OSX di Mac kamu dengan hard disk baru yang masih kosong.

Beri peringkat:

Iklan

Melanjutkan seri tutorial memperbaiki harddisk saya yang rusak kemarin, jadi sekarang saya sudah mengganti harddisk baru dan harus menginstal OSX agar Mac saya bisa nyala. Kondisinya adalah hard disk yang saya gunakan benar-benar baru dan kosong. Untuk melakukan ini jauh lebih mudah kok prosesnya.

baca juga: kejadian awal kenapa harddisk saya bisa rusak

Ada dua pendekatan yang bisa kita lakukan, pertama menggunakan eksternal drive (pake flashdisk) yang kedua pakai internet. Menurut saya yang lebih simple pakai internet. Pakai eksternal drive PR lagi buat bikin bootable USB.

  1. Untuk install via internet menggunakan harddisk kosong gampang banget. Berikut step-by-step-nya
  2. Pencet tombol power untuk nyalain laptop
  3. Seketika itu juga, tahan tombol option
  4. Nanti ada pilihan mau konek ke internet wifi mana
  5. Abis itu bakal masuk ke menu safe mode
  6. Di menu safe mode, pilih opsi “disk utility”
  7. Pilih harddisk eksternal kita, lalu klik erase
  8. Erase dengan system mac journaled yah
  9. Abis itu, balik ke menu utama safe mode dan klik reinstall OSX
  10. Udah deh abis itu langsung bisa masuk menu instalasi

Saya juga menemukan satu kejadian error unik yakni gagal melakukan preinstalasi. Sempet bingung dan mentok apa penyebabnya, muter-muter cobain pakai solusi lain selain instal ulang via internet (udah coba bikin bootable USB tapi gagal mulu). Ternyata kesalahannya gak jelas, yakni salah tanggal. Di menu safe mode, di bar bagian atas, ada pilihan terminal. Di terminal kita bisa cek “date” di komputer kita valid gak? Klo gak, musti direvisi dulu ke yang bener. Abis itu dibenerin, proses pra-instalasi lancar.

Tapi kok berhenti di tengah2 melulu. Saya selalu bingung dan mentok lagi. Akhirnya saya iseng cobain pakai harddisk lain aja ah. Saya kebetulan dapet hadiah dari Intel berupa SSD 480 GB. Saya coba ganti lagi harddisk saya dengan SSD seharga $500 tersebut dan ternyata bisa. Entah HD saya yg saya pakai yang rusak atau gimana saya gak ngerti.

baca juga: tips cara mengganti HDD MacBook Pro

Yah intinya sih HD saya yang corrupt (WD 500GB) sekarang saya simpen dulu untuk saya recovery datanya belakangan (nanti saya share tutorialnya juga). HD yang WD 320GB saya gak ngerti dia kenapa. Dan yang jelas SSD 480 GB dari Intel ini supeeeeerrrr sekaliiiii!!!! hahahaha Next post yah saya share tentang HD SSD dari Intel ini :p

About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

14 Comments on Cara Menginstall Apple OSX di Mac Book Menggunakan Hard Disk Kosong

  1. febriantodn // 24/03/2016 pukul 6:16 pm // Balas

    terima kasih kawan, infonya sangat membantu, ane dah praktekin juga n seharian beres, kasus sama, tp pakai hdd laptop yg lg nganggur dan alhamdulillah berhasil, hdd aslinya sepertinya kena bad sector, ane taruh di laptop windows biar di instal windows 😀 . salam sukes.

    Suka

  2. Kamsia perimex atas tutornya.. Its very helpfully mumpung dapat barang limbahan gratis yang abis kecemplung dikiit… ^_^
    Harddisk bawaan keknya gak bisa tertolong lagi 😥 karna gak ada tanda2 kehidupan motoriknya.. terpaksa belikan lagi HDD baru..
    Salam suksesnya ya broh…

    Suka

  3. m wildan habibi // 20/04/2016 pukul 6:48 pm // Balas

    alat dan bahan instal mac os di macbook apple itu apa saja ya

    Suka

  4. mas, numpang tanya. saya sudah ganti hdd lama sama yg baru. saat saya sudah masuk ke bagian akhir (preparing to install) belum setengah jalan tiba2 mati. sudah saya coba 3 kali tetap seperti itu. saya installnya pakai akses internet. mohon pencerahannya mas. terima kasih.

    Suka

  5. sumaranu itigo // 14/07/2016 pukul 1:52 pm // Balas

    kok masih nggak bisa ya…blank putih terus….HDD udah aq ganti baru juga

    Suka

  6. Tanks gan …moga bermanfaat

    Suka

  7. Masalah saya lain lagi gan, kata kata yang keluar pas instal ulang via internet macbook saya ” item saat ini tidak tersedia” , ada pencerahan gak gan?

    Suka

  8. Hallo mas Adam Ardisasmita,
    Macbook pro saya beliin SSD Apacer AS510S Pro 256 GB, sudah aku pasang dan HDD yang lama aku pasang caddy di slot CDdrive. Aku instal OS X Sierra kok gak bisa, muncul tulisan “file system verify or repair failed.”, aku coba setting tanggal lewat terminal, sudah oke tapi tetap gak bisa. pernah bisa tapi setelah restart dan ditengah proses loading muncul tulisan “the installer payload failed signature check”.
    Kenapa kok gak bisa instal ya? apa SSD apacer gak kompatibel dengan macbook pro???
    Aku coba instal ulang OS X di HDD lama bisa, tapi pas pake yang SSD gak bisa.
    mohon pencerahannya mas Adam Ardisasmita, trimakasih

    Suka

    • Hello mas Adam,
      permasalahan saya sama seperti dengan mas Adi yang mana saya menggunakan Samsung SSD 850 Pro 128Gb, untuk MBP saya early 2011. Proses ini pernah saya tungguin sampai 12 jam dan terakhirnya muncul tulisan “the installer payload failed signature check” Nah saat ini saya ulangi lagi install ulang dan saya liat di log installer hanya diem pada saat retrieved package com.apple.pkg.JavaTools, posisi ini sudah berjalan 2 jam.
      Mohon infonya jika pernah ada case sebelumnya dan solved mas Adam.

      Cheers,

      Suka

  9. ane bayariin gan SSD nya .. hahahaaa 250$ dapet kali

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: