My Journal

Pelajaran Bagi Startup Dari Komik Yugi-Oh, Ship Your Product!

Ada yang tak tau siapa atau apa itu Yugi-oh? Jadi itu adalah komik dari Jepang, menceritakan karakter yang bernama Yugi, dan identik dengan permainan kartunya yang sangat populer. Duel card Yugi-Oh itu waktu saya SMP sempet menjamur banget dimana-mana. Saya pribadi tahunya dulu dari kartun di TV pas hari minggu dan game di Play Station.

Belakangan saya coba baca komiknya, penasaran pengen tahu ceritanya gimana sih awalnya kok bisa jadi permainan kartu yang populer gini sampai ke dunia nyata, gak cuma komik aja. Ternyata, puluhan chapter awal, gak ada sama sekali nyinggung apapun tentang kartu -_- Isinya cuma ada banyak permainan-permainan unik yang dijadiin cerita di tiap chapter. Ada main dadu, ada main orang-orangan, banyak deh yang gak jelas gitu. Kayaknya emang pengen nyeritain mainan-mainan yang ada di dunia nyata terus Yugi bikin itu jadi jago, kali yah.

Tapi beneran, awalnya itu ceritanya gak jelas dan aneh banget. Herannya, chapter tiap chapter ada aja yang diceritain. Sampai akhirnya nyampe ke bagian yang ada kartunya, terus game lainnya yang bukan kartu. Mungkin ternyata pas kartu itu, ternyata ratingnya tinggi dan banyak yang suka. Akhirnya semenjak itu, seluruh kisah Yugi-Oh mengangkat tema tentang kartu, atau monster-monster yang ada di kartunya dan bisa sukses kayak sekarang ini jadi salah satu trading card ternama di dunia.

Pelajaran berharganya adalah ship your product. Kalau gak jalan, pivot, ship lagi. Belajar dari kegagalan, shipping lagi. Belajar, shipping lagi. Kalau gak diluncurkan, gak bisa belajar. Kalau gak belajar, gak bisa sukses. Banyak yang punya ide, digodoook terus bertahun-tahun gak pernah diluncurkan. Akhirnya malah gak ngeluncurin apa-apa.

Facebook Sign at Office

Facebook Sign at Office

Kalau quote-nya di Facebook, Move Fast and Break Things. Artinya cepet buat sesuatu, cepet belajar, dan bikin sesuatu yang lebih baik. cara supaya bisa segera belajar, ya segera luncurkan produknya. Kayak Yugi-Oh yang tiap chapter ngenalin game baru terus sampai akhirnya punya game kartu yang jadi trademark super sukses dari Yugi-Oh.

*kalau ternyata si penulis Yugi emang udah punya niat pengen bikin trading card dari awal saya gak tau loh ya, tapi klo baca komiknya, pasti gak akan keliatan klo ini bakal berujung ke komik tentang main kartu :p

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

4 Comments on Pelajaran Bagi Startup Dari Komik Yugi-Oh, Ship Your Product!

  1. Ow baru tau ternyata Yugi Oh itu dr komik. Kirain cuman kartu aja. Saya inget dulu yang suka maenin kartu yugi oh it adik ipar saya pas dia SD kelas 3.. Skrg dia dah kuliah tingkat akhir.. Dah lama banget yaa

    Suka

  2. Yup yup..klo ga berani ga akan pernah tau ya itu berhasil atau ga.. satu2nya cara belajar dgn mencobanya. Thanks nice post 🙂

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. 7 Tips Startup Dari Workshop Google Launchpad | Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: