Iklan
My Journal

Sulitnya Membuat Cerita yang Konsisten

gambar diambil dari guwahatianimeclub.blogspot.com

Saya adalah maniak komik. Semenjak kecil saya sudah mulai membaca komik (dari jaman Doraemon, Dragon Ball, dll). Ada satu hal yang saya amati yaitu membuat komik bersambung dengan jumlah seri yang banyak bukanlah hal yang mudah. Hal tersulit adalah membuat jalan cerita tetap konsisten dari chapter pertama hingga chapter terakhir, apalagi jika antar chapter saling terkait. Banyak sekali contoh dari komik yang cerita awalnya sangat jauh berbeda dengan cerita berikutnya.

Contoh sulitnya konsisten dengan cerita adalah Dragon Ball. Pada awalnya ia ingin mengadopsi Sun Go Kong yang mencari kitab suci ke Barat. Namun Dragon Ball sedikit memodifikasi, bukannya kitab suci, yang dicari adalah bola naga. Lalu muncul karakter-karakter baru di dalam seri tersebut. Namun dalam pengembangannya, muncul “cerita baru” yang mulai melebar dari scope awal. Yang serangan dari planet lain lah, serangan makhluk iblis, dan sebagainya. Penyimpangan paling mudah dirasakan ketika tokoh utama menjadi “terlalu kuat” sehingga perlu ada musuh baru yang lebih kuat.

Contoh berikutnya adalah komik Naruto. Pada awalnya hanya permainan suriken dan teknik-teknik rahasia yang seperti memperbanyak diri. Namun lama kelamaan tokoh utamanya menjadi sangat terlalu kuat, lalu muncul kekuatan yang sudah mulai tidak pernah diceritakan sebelumnya yang “diadakan” demi memfasilitasi jagoan yang semakin kuat karena muncul musuh baru yang lebih kuat. Hingga kekuatan yang saat ini dimiliki Naruto adalah kekuatan yang dahulu tidak pernah ada orang yang memilikinya (Di seri-seri awal).

Nah, satu komik yang menurut saya bisa menjaga konsistensi dan flow dari ceritanya adalah komik One Piece. Dari awal hingga kini, kekuatan tokoh utamanya masih ada di bawah tokoh-tokoh kuat yang pernah muncul di episode sebelumnya, padahal jumlah serinya sudah lumayan banyak (sudah lima puluhan jilin kalau tidak salah, dengan 600an chapter). Masih ada Shanks, Admiral, misteri-misteri, dan banyak hal lainnya yang belum terungkap tapi masih tetap terhubung dengan cerita di berbagai chapter dari awal hingga kini. Cara membawa cerita demi cerita sangatlah kreatif walaupun masih ada beberapa kekuatan spesial yang menurut saya agak di luar logika komik (seperti tangan zorro yang jadi 9, kaki sanji yang menjadi api, dll). Namun saya angkat topi untuk konsistensi dari cerita One Piece. Silahkan dicoba dibaca komiknya, dijamin seru deh šŸ™‚

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

5 Comments on Sulitnya Membuat Cerita yang Konsisten

  1. Yu-Gi-Oh pas chapter-chapter awal aneh loh, Kak. Baru nemuin identitas komiknya pas chapter tentang permainan kartunya keluar. Untuk Naruto udah kayak sinetron Indonesia, sengaja diperpanjang karena lagi masa jaya-nya haha.

    Suka

  2. Awalnya paling maunya artifak2 magic gitu si yugi oh. Hehehe
    Tapi klo one piece setuju kan ceritanya masih konsisten šŸ˜€

    Suka

  3. kalo yg on going one piece bisa dibilang jawaranya.
    kalo yg udah tamat saya rasa shaman king dan eyeshield 21 bisa masuk kategori tokoh utama bukan yang terkuat.

    eyeshield 21= sena haru melewati pemilik title ES21 pas christmas bowl.
    shaman king = yoh memang kalah jauh dari hao yang udah dewa banget, tapi dia punya kekuatan paling keren yaitu kekuatan nyantai haha

    Suka

  4. One Piece really cool….it’s actually simple.

    I’ll tell you now:
    1. Oda has Start and Ending in his mind.
    2. He put Saga as major plot
    3. He put Arc as minor plot
    4. He give story and mystery as details.
    5. He change some of details and connect it.
    6. He improvise some of it.
    7. Whoila. The fans like it

    visit loncad.wordpress.com

    Suka

  5. Pengarangnya One Piece sendiri menurut beberapa sumber yang saya baca jarang tidur supaya bisa terus konsisten. Sukses deh buat One Piece dan lainnya..

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. Dapet Banyak Oleh-Oleh Dari Jepang | Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: