Iklan
My Journal

Melihat Dia Tumbuh Besar

static.panoramio.com

Membangun perusahaan sendiri dan menjalani prosesnya hari demi hari ibarat membesarkan seorang anak dan menyaksikannya tumbuh besar (walaupun saya belum pernah merasakan bagaimana punya anak atau membesarkan seorang anak 🙂 ). Itulah yang saya rasakan saat ini setelah hampir 6 bulan membangun perusahaan sendiri. Memang saat ini perusahaan kami masih jauh dari kata “besar” ataupun “sukses”, tapi proses perkembangan yang saya rasakan beserta pengalaman berharga yang didapatkan membuat saya merasa senang.

Awalnya saya hanya seorang mahasiswa biasa yang mengerjakan tugas kuliah membuat produk, lalu bertambah menjadi lima orang yang memiliki visi dan passion yang sama, kemudian berkembang lagi menjadi tujuh orang yang ingin membuat produk fenomal dan misi mulia, dan nantinya akan ada ratusan orang di perusahaan kami yang satu jiwa dengan kami.

Awalnya saya bekerja di kosan sendiri atau numpang di kosan teman, lalu kami mulai rapat kecil-kecilan di kafe, kemudian kami diberikan fasilitas sebuah laboratorium di kampus untuk tempat kami bekerja, dan nantinya kami akan punya gedung bertingkat sendiri atau cabang dimana-mana.

Awalnya kami tidak punya produk apa-apa, ke investor hanya modal business plan (dan kerap kali ditolak mentah-mentah dan dibantai), lalu muncullah produk perdana kami, hingga kini kami akan segera launching produk “perdana” kami dan nantinya akan jauh lebih banyak dan lebih berkualitas produk yang bisa kami sajikan.

Awalnya kami tidak punya modal apa-apa, device tester harus minjem temen, lalu device harus meminta pinjaman ke perusahaan, hingga kini kami bisa bekerja sama dengan perusahaan besar untuk meminta fasilitas device tester, dan mungkin nantinya kami membuat device sendiri (yang ini lebay :p ).

Inilah prosesnya, seperti berjalan menaiki tangga, harus kita naiki satu anak tangga demi satu anak tangga. Kita alami prosesnya, gagalnya, susahnya, sedihnya, senangnya, dan lain sebagainya sebagai bahan pembelajaran kita serta proses pendewasaan. Jalan singkat? Kami tidak mengenal jalan singkat, yang ada adalah jalan terus 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Comments on Melihat Dia Tumbuh Besar

  1. Semangat terus Adam, pantang menyerah selalu 🙂

    Suka

  2. Iya makasih 🙂
    Jadi inget moment2 Bandung Venture Night yang super nekat itu :p

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: