Iklan
My Journal

Alumni AADC Nostalgia Di Iklan Terbaru LINE

Kali ini, saya harus angkat topi yang sangat panjang untuk tim marketing LINE Indonesia yang telah membuat sebuah program kampanye iklan LINE bersama dengan pemeran film fenomenal “Ada Apa Dengan Cinta?”(AADC)  Siapapun yang berperan di balik kampanye itu patut diberikan kenaikan pangkat atau bonus gaji yang sangat besar. Saya melihat iklan tersebut sungguhlah cerdas dan jenius dari berbagai sisi.

Cast AADC Membangun Momen

Film “Ada Apa Dengan Cinta?” adalah salah satu titik kebangkitan perfilman di Indonesia. Semenjak film AADC, layar lebar di Indonesia semakin hangat dan ramai. Itu mengapa film AADC menjadi film legendaris yang dikenang oleh banyak remaja saat itu. Kini, remaja yang nontong Rangga dan Cinta di layar lebar tersebut telah beranjak dewasa dan merupakan pangsa pasar pengguna LINE yang sangat besar. Ikatan emosional para penikmat film AADC ini terbangun dengan sangat apik diawali dengan postingan sederhana dari cast film AADC seperti Dian Sastro atau Titi Kamal yang menampilkan foto reuni para pemeran AADC dari jauh-jauh hari. Tentu hal ini menimbulkan ekspektasi tinggi dari para pecinta AADC mengingat film tersebut sangat fenomenal dan berharap akan ada suatu proyek baru yang tidak kalah serunya. Postingan-postingan sederhana itu jujur berhasil menarik perhatian saya untuk menantikan apa yang akan dilakukan oleh mereka nanti.

Lalu ketika mereka resmi melakukan konferensi pers dan menyampaikan bahwa mereka akan membuat mini drama, semua orang heboh menantikannya. Namun tidak akan ada yang menyangka bahwa mereka akan bekerja sama dengan LINE. Akan seperti apa bentuknya? Ternyata kemarin ketika diluncurkan, sontak internet dibuat gempar akan kehadiran karakter-karakter klasik yang kini diceritakan telah menjadi semakin dewasa. Video di Youtube tersebut langsung menjadi perhatian banyak orang. Setengah juta penonton dalam waktu satu jam! Wow ini luar biasa.

Well Executed Mini Drama

Kejeniusan berikutnya adalah iklan LINE ini dieksekusi dengan sangat baik sekali. Satu keputusan tepat adalah menyingkirkan jauh-jauh cerita dari AADC versi sinetron karena itu jujur sama sekali tidak menarik. Mereka membuat sebuah sequel dari ending AADC dimana Rangga meninggalkan Cinta begitu saja. Mini Drama ini bercerita 12 tahun kemudian, ketika masing-masing sudah menjalani hidupnya sendiri-sendiri secara terpisah. Inget, ini adalah iklan LINE, tapi super niat banget sampai-sampai kita terhanyut dalam ceritanya. Sinematografinya dibuat dengan sangat apik sehingga dalam waktu 10 menit kita ngeliatin Rangga dan Cinta bolak-balik main HP tapi bisa mengharukan. Ceritanya juga sangat simpel tapi tetap mengena dengan karakter dan alur besar cerita AADC.

Dalam Iklan 10 menit ini, LINE sukses mempromosikan besar-besaran fitur “find alumni” milik LINE. Semua orang bisa relate tentang kisah Rangga dan Cinta yang sudah putus kontak selama 12 tahun dan bisa memulai kembali hubungan mereka melalui fitur ini. Di akhir iklan ini, LINE juga masih sempat unjuk gigi bagaiman fitur mereka bisa membantu pasangan yang sedang LDR. Bayangkan bagaimana fitur ini bisa terekam baik mengingat kita-kita ini memiliki ikatan emosi yang kuat dengan masing-masing karakter di dalam film AADC, pasti akan sangat melekat erat.

Ini Bukanlah Akhir…

Ketika mini drama tersebut sampai di menit ke sepuluh, itu bukanlah akhir dari kampanye jenius dari LINE dan AADC. Belum lagi kalau ada sticker khusus AADC di LINE, pasti bakal laku keras tuh. Saya jadi kasian sama Messanger lain yang ingin mencoba bersaing dengan LINE paska kampanye AADC ini.

Lalu, Internet merespon dengan baik dan positif. Timeline sosial media saya selama satu hari penuh dengan komentar AADC, Rangga dan Cinta, bahkan muncul parodi-parodi khas internet Indonesia :p Yang jelas, saya melihat animo yang besar sekali untuk kembalinya AADC. Mungkin bagi beberapa orang akan tidak mempedulikan brand LINE di dalam serial tersebut, tapi tidak masalah. Ini tetaplah sebuah iklan yang kreatif yang dirancang dengan sangat baik dan mendapat respon positif sekali dari masyarakat. Saya pribadi, jadi mengharapkan ada film AADC dua masuk ke layar lebar :p Tapi gak tau yah, sepertinya sih belum ada rencana ke sana. Tapi kalau respon masyarakat sebesar ini, bisa jadi loh.

Oh ya buat yang belum nonton Videonya, silahkan bisa langsung disaksikan di bawah ini 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

4 Comments on Alumni AADC Nostalgia Di Iklan Terbaru LINE

  1. Dam, ada video khusus AADC yang cuma bisa dinikmati sama pengguna Line? Atau kusalah menangkap?

    Suka

  2. asli !!!! ni iklan emang te o pe! gw sukaa bingittsss
    jd inget juga sm temen2 gw dolo
    and settingnya pas sm tokoh2nya yg uda dewasa… makin cintaa deh sm aadc

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: