Iklan
My Journal

Happy Ending Jokowi dan Prabowo

Pemilu presiden tahun 2014 ini memang penuh dengan drama yang sangat intens. Indonesia terbelah menjadi dua kubu yang relatif sama kuat. Bahkan pertarungan tidak berakhir setelah pilpres, di arena legislatif pun terjadi pertempuran antara dua sisi yang bersebrangan tersebut. Kondisi ini menimbulkan kecemasan tentang masa depan Indonesia yang terlihat seolah tidak kondusif. Untungnya Jumat, 17 Oktober 2014, 3 hari sebelum Jokowi dilantik, masyarakat dibuat tersenyum lebar akan aksi kesatria dari dua anak bangsa yang paling dicintai masyarakat.

Jokowi dan Prabowo akhirnya bertemu dengan suasana yang cair. Saya harus acungkan jempol untuk sikap kedua belah pihak. Jokowi yang tidak memikirkan ego dan bersedia untuk bertamu ke rumah Prabowo dan Prabowo dengan ramah dan terbuka menerima kedatangan Jokowi. Momen ini menjadi titik dimana masyarakat yang tadinya terbelah untuk bersatu kembali pada tanggal 20 Oktober nanti. Walaupun Prabowo belum tentu hadir ketika pelantikan, tapi setidaknya dari surat terbuka yang beliau tulis setelah pertemuan Jumat lalu, masyarakat sudah tahu dimana Prabowo menempatkan posisinya.

Prabowo dan partai Koalisi Merah Putih akan berperan sebagai oposisi powerfull yang akan terus mengawasi janji-janji pemerintahan Jokowi dan JK. Prabowo dan Jokowi akan saling mengisi perannya masing-masing, bukan untuk menjatuhkan rival politiknya, tapi untuk sama-sama membangun Indonesia. Dengan mindset ini, saya rasa komposisi legislatif dan eksekutif menjadi bisa efektif dalam melaksanakan tugasnya masing-masing.

Prabowo dan Jokowi adalah contoh yang bagus sekali untuk mendidik bangsa kita tentang semangat persatuan dan melupakan ego pribadi atau kelompok. Coba kita lihat, ada dua tokoh besar di Indonesia yang karena faktor ego dan politik, menunjukan sifat kekanak-kanakan yang tidak ingin saling bertemu. Prabowo dan Jokowi menunjukan jiwa yang besar dan kecintaan pada Indonesia melebihi ego ataupun kepentingan kelompok. Semoga ini jadi langkah awal untuk melihat perbaikan di Indonesia. Awalnya saya sempat pesimis, tapi kali ini saya makin optimis.

Oh ya, satu lagi, saya ingin mengomentari foto fenomenal dimana Prabowo memberikan hormat, layaknya militer, kepada Jokowi sebagai bentuk rasa salut dan penghargaan. Sebagai balasannya, Jokowi membungkukan badannya, menunjukan rasa hormat kepada Prabowo yang telah menerima dan merestui Jokowi sebagai presiden. Duo karakter dengan gesture yang menyimbolkan rasa hormat mereka yang dalam kepada mantan rivalnya ini membuat masyarakat bisa bernafas lega karena kedua anak terbaik bangsa ini akan berdampingan memimpin Indonesia.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Trackback / Pingback

  1. Selamat Pagi Pak Presiden | Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: