Iklan
My Journal

[QnA] Metode Untuk Melakukan Market Research

 

Screen Shot 2013-01-15 at 9.02.03 PM

Kali ini saya akan mencoba menjawab pertanyaan teman saya Luki Bangun Subekti yang bertanya mengenai metode Market Research. Materi tentang marketing sendiri menurut saya adalah topik yang sangat menarik. Jauh sebelum saya diamanahkan jadi CEO Arsanesia, saya sempat mengajukan diri untuk menjadi CMO. Jadi memang saya selalu excited membahas topik ini 🙂 Saya akan mencoba menjawab mengenai Market Research yah.

gambar diambil dari http://www.v-inlead.com/

Tujuan dari kita melakukan market research biasanya adalah untuk mengetahui calon kostumer kita yang potensial, acuan untuk mengatur strategi perusahaan, menggenerate ide-ide baru, mengetahui apakah produk kita bisa diterima di pasar atau tidak, dan masih banyak lainnya. Yang pasti, market research adalah pilar penting dari perusahaan dan menjadi faktor yang amat sangat menentukan kesuksesan sebuah perusahaan. Oleh karena itu, banyak sekali perusahaan besar yang menggunakan jasa dari perusahaan marketing research seperti Nielsen, Gartner, NPD Group, dan masih banyak lainnya.

Kemudian jika kita ingin membicarakan metode untuk melakukan market research, sebenernya itu akan amat sangat bergantung dari jenis perusahaannya, apakah perusahaan itu bergerak di bidang Business to Business atau Business atau Business to Consumer, apa tujuan market researchnya, dan masih banyak variabel lainnya yang harus dipertimbangkan. Jadi saya sendiri sulit untuk bisa menyimpulkan metode yang tepat untuk melakukan market research mengingat banyaknya tools yang bisa digunakan, jenis analisis yang dilakukan, dan lain sebagainya. Namun, ada beberapa hal fundamental yang perlu kita lakukan dalam melakukan market research dan salah satu yang paling penting adalah information gathering. Information gathering merupakan tahapan untuk mencari sebanyak-banyaknya fakta, data, informasi, dan knowledge yang revelan dengan tujuan dari market researchnya. Metode yang umum dilakukan untuk melakukannya adalah:

  1. Survey, menyebarkan kuesioner ke beberapa sampel orang baik dalam jumlah besar atau sedikit untuk mengumpulkan representasi dari target market kita.
  2. Focus group, mengumpulkan orang-orang yang relevan dalam jumlah yang terbatas untuk diskusi mengenai topik tertentu yang sudah disiapkan.
  3. Personal interview, mirip seperti focus group, tapi biasanya dengan metode yang lebih personal, casual, dan tidak begitu terstruktur pertanyaannya (lebih mengalir).
  4. Observasi, melakukan pengamatan terhadap perilaku consumer untuk mendapatkan pola tertentu tentang bagaimana consumer berprilaku secara natural.
  5. Field trials, melakukan uji coba produk langsung di pasar dan mengamati bagaiaman consumer bersikap terhadap produk tersebut.

Itu tadi adalah beberapa metode dasar yang biasa digunakan sebagai tools untuk melakukan information gathering untuk market research.  Nanti informasi tersebut akan digunakan sebagai bahan untuk research sesuai dengan kebutuhan atau tujuan yang ingin dicapai dari research tersebut. Bagi perusahaan baru, biasanya hal ini menjadi dasar untuk membuat segmentasi pasar, melakukan potitioning, dan menentukan value proposition. Bagi perusahaan yang akan meluncurkan produk baru, informasi tersebut bisa digunakan sebagai media evaluasi produk, memastikan keberterimaan pasar terhadap produk barunya, dan masih banyak lainnya.

Lalu kalau pertanyaan kedua tentang buku yang menarik tentang marketing, saya sarankan untuk membaca buku seperti “Good to Great”, “The Tipping Point”, “Positioning”, dan banyak buku menarik lainnya yang membahas marketing. Tapi buku-buku tersebut bisa dibilang general dan tidak terlalu membahas teknis. Kalau ingin mencari buku yang teknis, coba cari buku yang sesuai dengan jenis usaha yang kita lakukan, karena seperti tadi yang saya bilang, metode marketing (yang bener-bener teknis) bisa berbeda untuk jenis bisnis yang berbeda juga. Semoga tulisan ini bermanfaat yah 🙂 Kalau ada yang kurang tepat, mohon dikoreksi dan kalau ada yang ingin berdiskusi atau bertanya, silahkan tulis di bagian comment atau mention saja twitter saya (@ardisaz).

buku Good to Great - Jim Collins

buku Good to Great – Jim Collins

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Comments on [QnA] Metode Untuk Melakukan Market Research

  1. Klo soal marketing product2 technology, gw menyarankan “Crossing the Chasm” karangan Geofrey A. Moore buat referensi tambahan 😀 #nimbrung

    Suka

  2. Wah makasih cal, gw malah belum baca buku itu 🙂 #bukaAmazon

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: