Iklan
My Journal

Selamat, Jepret Story Menjuarai Indonesia Next App

Sumber: viva.co.id

Saya ingin mengucapkan selamat kepada rekan-rekan dari DyCode yang berhasil memenangkan kompetisi yang digelar oleh Telkomsel dan juga Samsung berjudul Indonesia Next App. DyCode dengan aplikasi bernama Jepret Story berhasil menyisihkan hampir 150 aplikasi lokal lainnya dan akan bertanding di taraf asia tenggara dengan pemenang dari tiap negara. Jepret Story sendiri adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengumpulkan momen gambar dari sosial media menggunakan hashtag.

Lebih dalam tentang Jepret sendiri, awalnya Jepret adalah aplikasi serupa Instagram untuk platform nokia S40. Tapi saya melihat DyCode adalah perusahaan yang sangat cinta dengan teknologi dan inovasi sehingga sepanjang perjalanan, Jepret terus dikembangkan untuk berbagai aktivitas dengan mengimplementasikan teknologi informasi terkini. Contohya adalah DyCode membuat sebuah sistem yang bisa mencetak foto dari sosial media seperti instagram dari hashtagnya saja untuk acara pernikahan. Kalau tidak salah, DyCode sudah memberikan layanan ini ke beberapa event pernikahan untuk menguji coba sistem tersebut. Jepret ini adalah contoh yang menarik mengenai evolusi sebuah produk mengikuti perkembangan teknologi dan kebutuhan manusia.

Satu hal lagi yang membuat saya merasa setuju Jepret Story bersama DyCode layak menjadi yang nomer satu adalah dari sisi visual. Banyak developer lokal kita yang mampu mengimplementasikan teknologi, tapi yang bisa mengintegrasikannya dengan UI/UX yang baik masih belum banyak. Berbekal pengalaman DyCode dan passion yang tinggi di dunia mobile, saya merasakan betul bagaimana UI/UX dari produk-produknya berkembang. Saya pribadi bukan pengguna Jepret, tapi saya menggunakan produk mereka yang lain yakni Movreak. Melihat Movreak versi terkini, jujur saya cukup kaget karena UInya sangat clean dan juga mudah dinavigasikan. Ini bukanlah sebuah hasil yang bisa didapatkan dengan instan. Saya sudah menggunakan Movreak dari versi awal dan melihat bagaimana dari waktu ke waktu fitur dan UXnya terus berkembang.

Poin menarik yang bisa kita pelajari dari kesuksesan Jepret ini adalah untuk membuat sebuah aplikasi yang bagus, kita harus bisa mengombinasikan kebutuhan manusia, teknologi yang tepat, serta costumer experience yang apik. Tak kalah penting, untuk bisa memberikan sebuah produk yang baik, itu butuh proses dan tidak mungkin sekali develop langsung perfect. Produk yang sudah dirilis harus terus dirawat, terus diupdate, terus dikembangkan, sebagai bagian dari kita belajar dan juga proses mendeliver produk terbaik untuk user kita.

Harapan saya semoga Jepret Story bisa menang di tahap selanjutnya dan juga bisa menjadi salah satu mobile apps yang merajai pasar global. Semoga ini juga bisa semakin memacu developer apps lainnya di Indonesa untuk terus meningkatkan kualitas produknya dan bisa sama-sama maju menjadi negara yang tidak hanya menjadi konsumen, tapi juga bisa membuat produk untuk masyarakat luas.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Comment on Selamat, Jepret Story Menjuarai Indonesia Next App

  1. wah ini bisa jadi bukti kalo industri IT di indonesia khususnya android apps juga berkualitas dan bisa mendunia

    Suka

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Jepret Story, The Champion of the Indonesian Next App Competition | Dynamic Code
  2. Jepret Story Terpilih Sebagai Pemenang Indonesian Next App | Dynamic Code
  3. Jepret Story, The Champion of the Indonesian Next App Competition | Jepret Cloud
  4. Jepret Story Terpilih Sebagai Pemenang Indonesian Next App | Jepret Cloud

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: