Iklan
My Journal

Cara Membuat Almond Milk Sendiri

Susu yang terbuat dari tanaman (seperti kacang kedelai, kacang almond, kacang hazelnut, dll) katanya jauh lebih baik untuk tubuh dibandingkan susu yang diambil dari hewan (seperti susu sapi, susu kambing, dll). Untuk bahan saya membuat smoothies juga susu itu ingredient penting, soalnya kalau liquidnya gak enak atau tawar kayak air putih, nanti rasanya juga bakal gak enak :p So far saya ngerasa susu kedelai agak kurang pas tastenya dengan lidah saya dan susu almond itu lebih enak rasanya.

Masalahnya, kalau kita beli susu sapi di supermarket, 1 L harganya paling mahal 12-15rb rupiah, susu almond ini satu karton isi 1 L harganya 80rb rupiah -_- Jauh banget kan harganya dibandingkan susu sapi. Susu kedelai sih relatif lebih murah dibandingkan dari almond, tapi saya sukanya almond sih :p Karena itu, Istri saya coba cari bahan kacang almond mentah dan berinisiatif untuk ngebuat sendiri, dan yang pasti jatuhnya harganya lebih murah dibandingkan beli jadi. Istri saya memesan almond mentah dan kain saringannya di sini. 🙂

Berikut langkah-langkah untuk membuat Almond Milk sendiri:

  1. Rendam kacang almond mentah di air selama satu hari,
  2. Buang air rendamannya (katanya bagus untuk pupuk), lalu masukan kacang almond ke blender, tambahkan vanila paste untuk menambah aroma wangi,
  3. Untuk 125 gr kacang almond, masukan 500ml air putih mateng (ini sesuai selera kekentalan masing-masing tapi),
  4. Blender kacang almond tersebut hingga halus,
  5. Gunakan kain khusus untuk menyaring serat-serat almondnya, peras hingga airnya habis,
  6. Ampasnya ini klo dikeringkan bisa dipakai sebagai tepung loh, tapi harus dioven sampe kering minimal 4 jam :p,
  7. Jadi deh susu almond 🙂 kira-kira dengan 125 gr kacang almond, jadi satu tumblr starbucks penuh

Nah Almond Milk ini agak cepat basi kalau gak dimasukin kulkas, jadi kalau gak diminum, pastikan taro di kulkas di bagian dalem, jangan di pintunya. Terus juga gak bisa terlalu lama disimpen juga, paling lama 3 hari lah. Kalau mau dibawa-bawa, taro di cooler box ato ditempelin es batu yang banyak :p Soalnya kemaren ngebawa almond milk dari Jakarta-Bandung, pake kantong plastik isi es batu, pas paginya mau diminum udah rusak, hehehe. Jadi paling enak ya diminum pas masih segar. Silahkan mencoba 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

15 Comments on Cara Membuat Almond Milk Sendiri

  1. Hi beli kain penyaringnya dimana ya?

    Suka

  2. thanks infonya mas.
    sama nih gegara pola makan kayak pescatarian, jd emang favorit minuman yg dari biji2an. lebih enak sih.
    kl beli v-s*y enak tp lumayan jg. nah thanks resepnya. patutu dicoba.

    Suka

  3. maaf mau tanya, kain filter ya ukurannya berapa yah?

    Suka

  4. Ga perlu direbus ya?

    Suka

  5. itu beneran selama 1 hari alias 24 jam banget ngerendam raw almond nya kak ? jadi semangat nyobain secara harganya jadi lebih murah. salam ganesha kak 🙂

    Suka

  6. Anom rengganis // 12/04/2016 pukul 12:51 pm // Balas

    Aroma dan rasa khas dari almond milk itu gimna sih kak ?
    Mau nyoba takut ga enak. Trima

    Suka

  7. seandainya di rebus kayak bikin susu kedelai bisa gak?? biar tahanya agak lama. makasi

    Suka

  8. Itu di blendernya sekulit2nya kah? Gak dikupas dulu? Terima kasih

    Suka

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Sarapan Sehat dengan Overnight Oatmeal | Ardisaz
  2. Minum Susu Kedelai | Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: