Iklan
My Journal

Klinik HKI, Bagaimana Mengurus Hak Kekayaan Intelektual

Pada acara prototype day Rabu kemarin, ada kesempatan yang sangat langka yakni adanya klinik Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang diselenggarakan oleh kementrian parekraf dan humham. Dihadirkan seorang narasumber bernama pak zein untuk memberikan introduction sekilas tentang HKI, lalu beliau beserta tim dari parekraf dan humham standby di luar ruangan untuk memberikan bantuan pengurusan HKI.

Terkait dengan HKI, ada beberapa jenis yakni Copyright, Paten, Merk, Hak Cipta, Desain Industri, dll. Fungsinya adalah untuk memberikan perlindungan hukum kepada hasil kreasi kita. Saat ini masih sedikit sekali pelaku industri kreatif di Indonesia yang aware tentang HKI ini. Harganya juga cenderung terjangkau, untuk Hak Cipta, 500rb seumur hidup + 75 tahun (untuk ahli warisnya), lalu merk 1 juta, dan lain-lain. Klo kayak merk dan paten, itu ada jangka waktunya, misal 10 tahun, 20 tahun, nanti bisa diperpanjang lagi.

Selama ini mengurus HKI kesannya ribet dan lama. Dengan klinik ini, orangnya langsung standby di lokasi, kita tinggal isi formulir saja. Untuk game, yang didaftarkan adalah Hak Cipta berupa software game, Hak Cipta berupa Seni karakter, dan bisa juga kita daftarkan merk untuk nama game atau nama perusahaan kita. Formulirnya singkat kok, cuma harus sedia materai saja plus CD yang isinya informasi detil tentang game kita. (kalau yang lain saya kurang tahu karena hanya konsultasi tentang game).

Proses jadinya memang lama. Kayak paten, itu bisa lima tahun. Tapi gak masalah, yang penting kita sudah daftar dan sudah pegang nomer pendaftarannya incase nanti ada sengketa. Kita bisa lihat dari form tersebut siapa yang lebih dulu menemukan dan mendaftarkan kreasi tersebut. Informasi ini semua saya dapatkan dari klink HKI di acara protoype day. Klo masih ingin tau lebih lanjut, bisa klik ke onestop information tentang HKI di ini. Saya sendiri sudah punya kontak dari pihak yang membantu proses pendaftaran HKI ini, nanti klo ada info apa-apa, seperti diadakannya klinik HKI ini lagi di lain waktu dan tempat, akan saya post di blog 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: