My Journal

Overview Kuliah Semester 5 Sistem dan Teknologi Informasi ITB

Saya ingin berbagi mengenai mata kuliah yang telah dipelajari selama satu semester di semester 5 program studi sistem dan teknologi informasi ITB.
  1. Sistem Operasi: Seperti namanya, kuliah ini membahas mengenai perangkat lunak berupa sistem operasi. Bagi yang belum tahu sistem operasi itu apa, contoh sistem operasi adalah windows 7, mac OSX Snow Leopard, atau Ubuntu untuk komputer, Android, iOS, atau Symbian untuk handphone, dan lain sebagainya. Mata kuliah ini mempelajari apa itu sistem operasi, bagaimana cara kerjanya, hingga memodifikasi sistem operasi (platform yang digunakan selama kuliah adalah Ubuntu)
  2. Rekayasa Sistem: Bahasa Inggrisnya adalah system engineering. Kuliah ini membahas tentang filosofi seorang engineer dalam memandang sistem, terutama dalam melakukan perencanaan. Berkali-kali ditekankan dalam kuliah ini betapa pentingnya tahap perencanaan dalam proses rekayasa sistem. Beberapa kali diberikan tugas melakukan perancangan suatu sistem untuk mengasah kemampuan merencanakan rekayasa sistem yang baik.
  3. Sistem Multimedia: Secara umum yang dipelajari dari mata kuliah ini adalah audio dan video. Mulai dari sejarah, format, kelebihan dan kekurangan, kompresi, hingga proses rekayasa. Yang unik dari mata kuliah ini adalah tugas akhir dari mata kuliah ini yaitu setiap siswa harus menghasilkan suatu produk applikasi mobile. Apabila applikasi mobile kita dapat dipublish di media publishing seperti app store, android market, dll. Maka secara otomatis kita akan mendapatkan nilai A untuk mata kuliah ini.
  4. Analisis Kebutuhan Informasi: Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang sangat penting bagi seorang bisnis analis. Pada mata kuliah ini, berbagai metode dan pendekatan untuk menemukan dan menganalisis kebutuhan pada suatu organisasi diajarkan. Pada mata kuliah ini, diberikan sebuah proyek perkelompok untuk mengamati dan melakukan analisis kebutuhan kepada sebuah institusi pendidikan yang hasilnya adalah sebuah dokumen dengan jumlah halaman yang sangat banyak.
  5. Jaringan Komputer: Jaringan komputer mempelajari bagaimana satu komputer bisa berkomunikasi dengan sistem di luarnya. Hal-hal seperti bagaimana pesan dikirimkan, bagaimana pesan dibungkus dan diterima, bagaimana menangani kerusakan, dan lain-lainnya dipelajari di mata kuliah ini. Sempat juga diberi tugas untuk membuat semacam simulator pengiriman pesan seperti Messenger yang biasa kita pakai (seperti YM, MSN, dll).
  6. Perilaku Organisasi: Ini merupakan mata kuliah yang memberikan softskill dan juga teori mengenai organisasi. Mata kuliah ini mengajarkan teori-teori terkait kepribadian, motivasi, persepsi, membangun kerja sama tim, mengembangkan sumber daya manusia, hingga melakukan modifikasi perilaku organisasi.

Itulah mata kuliah wajib yang dipelajari oleh mahasiswa Sistem dan Teknologi Informasi ITB di semester 5. Selain itu masih bisa mengambil mata kuliah pilihan lainnya jika mau.

About Adam Ardisasmita (1373 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan komentar