My Journal

[Review][Apps] BBM Beta untuk Windows Phone Telah Tersedia

Screen Shot 2014-08-05 at 3.25.18 PM

Mungkin bisa dibilang langkah ini cukup terlambat, tapi Blackberry Messenger (BBM) akhirnya datang juga di perangkat Windows Phone (bisa diunduh di sini). Kenapa terlambat? Karena saat ini popularitas BBM sebagai Messenger mulai tergusur dengan semakin bertumbuhnya layanan Whatsapp, lalu juga muncul pemain-main baru yang lebih fresh seperti Line, Kakao Talk, WeChat, dan lain-lain. Langkah melepas BBM di luar perangkat Blackberry bisa dibilang cukup berani karena itu membuat value dari perangkat tersebut semakin rendah. Orang pakai BB karena mau pakai BBMnya, kini udah ada BBM di iOS, Android, dan Windows Phone, apa alasan seseorang harus beli BB?

BBM sendiri harus saya akui masih punya penggemar cukup besar, terutama di Indonesia. BBM juga menjadi magnet tersendiri bagi perangkat windows phone ke depan. Saya sebagai developer, tergabung di banyak grup komunitas pengguna Windows Phone yang isinya sebagian besar adalah end user dengan profile middle-low. Banyak yang mengeluh atau bahkan berhenti menggunakan Windows Phone karena dulu belum ada BBM dan saat ini grup-grup tersebut juga ramai untuk membeli Windows Phone karena sudah ada BBM. Jadi untuk pasar Indonesia yang saya temukan, BBM masih memiliki daya magis.

Yang saya salut, BBM untuk windows phone ini dibuat tidak main-main seriusnya. Tidak seperti Whatsapp, Line, atau Messenger lainnya yang hanya porting agar fungsional terpenuhi, BBM nampak serius sekali menggarap UI-nya sehingga memmberikan UX yang nyaman bagi penggunanya. Bahkan menurut saya BBM untuk Windows Phone ini adalah Messenger dengan UX paling bagus yang ada di pasar walaupun saya jarang menggunakan BBM karena rekan-rekan saya banyaknya menghubungi saya via Line atau Whatsapp. Tapi keluarga besar saya masih banyak yang menggunakan BBM sehingga saya masih perlu untuk berkomunikasi melalui BBM.

Walaupun masih beta, banyak fitur yang bisa diperbaiki, dari sisi UI, BBM Beta ini sudah sangat jempolan.

Review BBM Beta for Windows Phone

Halaman Utama

Halaman Utama

Ini adalah halama utama dari BBM Beta for Windows Phone. Secara UX semua button, ikon, bahkan navigasinya mengikuti guideline Windows Phone dengan sangat apik. Ketika kita nagivasi untuk pindah halaman, button di bagian bawah juga berganti sesuai dengan fungsi yang relevan. Lalu model menampilkan konten di masing-masing halaman juga berbeda, ini membantu kita untuk bisa dengan cepat mengetahui menu apa yang sedang aktif. Lalu di fitur feeds, button lingkaran tanda panah ke atas juga muncul ketika kita scroll down untuk membantu kita menemukan halaman paling atas dari feeds kita. Satu fitur yang saya belum tahu, sekarang ini notifikasi semua masuknya di feeds, sehingga ketika ada notifikasi baru, ada bintang warna merah di atas tombol feedsnya, tapi apakah jika ada invite contact request masuk ke kita, infonya juga muncul di feeds? Berhubung teman-teman saya tidak banyak yang pakai BBM, saya jadi belum ngecek fitur itu. Tapi klo bisa sih menurut saya perlu ditambahkan tombol notifikasi yang isinya adalah hal-hal yang direct dengan kita (kayak invite, grup favorit yang ingin kita dapatkan notivikasinya, dll).

Halaman Grup

Halaman Grup

Kalau ada satu fitur yang membedakan BBM dengan Messenger lain, fitur tersebut adalah group chatnya. Menurut saya BBM memberikan fitur grup chat paling lengkap diantara Messenger yang lain. Group Chat BBM ada fitur chats, lists, pictures, dan events. Fitur chatnya bisa memiliki beberapa topik yang berbeda untuk memudahkan kita membaca informasi. Misalkan ada subtopik general, subtopik undangan nikah, subtopik ucapan selamat ulang tahun, dll sehingga kita bisa membaca informasi yang relevan dengan yang kita butuhkan. Lalu yang menarik juga adalah fitur untuk berbagi dan mengomentari foto di grup. Sepertinya sampai saat ini fitur tersebut merupakan fitur favorit (karena saya paling sering dapet notif dari fitur itu). Secara UI juga halaman ini ditampilkan dengan sangat cantik oleh BBM Beta for Windows Phone. Another good work 🙂

Fitur lain-lain

Fitur lain-lain

Fitur lain-lain menurut saya yang tidak kalah penting adalah notifikasi. Lagi-lagi BBM for Windows Phone ini konsisten mengikuti guideline dari Windows Phoen dengan memmberikan fitu live tile notification. Tak hanya itu, BBM Beta for windows phone juga memberikan fitur pin group/chat yang kita suka langsung ke layar depan HP kita. Lalu dengan adanya lock screen setting, kita bisa menambahkan notifikasi dari BBM untuk ditampilkan di locks screen dengan fitur glance-nya. Untuk ukuran Beta, ini adalah fitur-fitur minor yang saya salut karena diperhatikan dengan baik.

Akhir kata, BBM Beta for Windows Phone dari sisi UI ini melampaui ekspektasi saya. Mungkin dari sisi performance memang belum optimal, saya di awal sempet nyangkut ketika setup awal akun, lalu juga kadang notifikasi tidak masuk, dan lain-lain. Tapi untuk ukuran Beta, ini udah sangat baik sekali. Semoga terus diimprove performa aplikasinya dan terus berinovasi agar tidak ketinggalan dari Messenger lainnya. Nilai dari saya pribadi untuk aplikasi ini adalah 9/10.

About Adam Ardisasmita (1242 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

3 Comments on [Review][Apps] BBM Beta untuk Windows Phone Telah Tersedia

  1. terimakasih banyak reviewnya, sangat menarik.

    Suka

  2. Additionally, metal braces ɑгe a lot more resilient than ceramic brackets.
    Tɦe reason fօr tɦiѕ іs simple: when thе appearance and size οf yοur breasts arе improved,
    the proportions ߋf your body are likewise improved.
    Beresnyak Αre mentors who arе able to give the type
    of ɦelp only a Dr.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: