Iklan
My Journal

Masalah Transportasi Publik di Indonesia

Suasana pembangunan MRT di Jakarta

Transportasi publik adalah sebuah elemen yang sangat vital kalau kita ingin bicara menyelesaikan masalah kemacetan di Jakarta. Secara umum di Indonesia, kita belum memiliki moda transportasi yang mudah, aman, dan nyaman digunakan untuk berpindah dari satu titik ke titik lain. Untuk itu, tidak heran tingkat pertumbuhan kendaraan pribadi melonjak terus dari tahun ke tahun.

Ketika isu subsidi BBM mau dikurangi, pertanyaan terbesarnya adalah akan disuruh naik apa nih orang-orang yang selama ini kebutuhan transportasinya bergantung pada transportasi pribadi? Angkot atau metromini bentuknya tidak ada yang layak dan tidak aman, kereta armadanya minim sehingga sumpek dan sering ada gangguan, bahkan menggunakan trans jakarta pun jadi serem sekarang karena kemarin ada yang kebakaran. Jadi menurut saya pembangunan transportasi publik yang baik adalah hal yang sudah seharusnya dilakukan dari berpuluh-puluh tahun yang lalu, sebelum Jakarta keburu penuh kayak sekarang.

Saya sendiri termasuk pengguna kendaraan pribadi, itu karena tidak ada transportasi publik yang menurut saya mudah, aman, dan nyaman. Kalau saya disuruh pindah ke singapore atau korea, saya mana mau capek-capek nyetir kalau kita bisa dengan mudah bepergian menggunakan bis yang bersih, kereta yang nyaman, dan MRT yang tepat waktu. Jadi memang revolusi transportasi di Indonesia haruslah digalakan dengan sangat serius. Subsidi BBM boleh saja klo mau dicabut, asalkan uangnya digunakan untuk membangun moda transportasi publik yang bagus secara besar-besaran.

Pagi tadi saya mendengar di radio klo di Bandung Raya akan segera dibangun mono rail (utk jangka waktu 25 tahun). Lalu kemarin saya lewat di daerah fatmawati hingga sudirman, terlihat proyek MRT di kota jakarta sudah mulai digarap. Memang hitungannya terlambat, tapi harus ada yang segera memulai. Beruntung sekarang orang baik sudah bisa jadi pemimpin di negeri ini sehingga bisa membuat kebijakan yang memang membantu rakyatnya.

Keberadaan transportasi publik yang mudah, aman, dan nyaman itu sangat penting tidak hanya untuk mengurai kemacetan, tapi juga bisa untuk mengurangi konsumsi BBM, bisa untuk meningkatkan efisiensi beraktivitas, bisa untuk menarik wisatawan lebih banyak, bisa untuk menghidupkan daerah-daerah yang belum merata pertumbuhannya, bisa untuk meningkatkan happiness index, dan banyak lagi lainnya. Jadi pemerintah ini sekarang harus banget memperhatinkan transportasi publik dengan lebih serius lagi.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: