My Journal

Googling Dulu Sebelum Beli Obat

b6957

Jadi ceritanya sudah hampir seminggu ini Saya sakit batuk. Biasa kalau Saya batuk, Saya hanya istirahat, menghindari minuman dingin, makanan berminyak, dan kalau minum obat, minumnya yang kandungannya herbal. Nah kemaren ini sakitnya agak parah dan durasinya cukup lama sedangkan 2 minggu lagi saya harus bepergian jauh jadinya gak mau ambil resiko sakitnya makin parah. Akhirnya saya memutuskan untuk membeli obat kimia.

Ketika sampai di tempat yang jual obat batuk, saya melihat ada obat untuk batuk berdahak dan ada untuk batuk kering. Saya coba melihat kandungan apa yang ada di dalamnya. Yang untuk batu berdahak ada kandungan Bromhexine HCl dan Guaifenesin sedangkan untuk batuk kering ada Dextromethorphan. Saya sendiri merasa batuknya agak berdahak sih, tapi sedikit. Kira-kira bedanya Bromhexine HCl + Guaifenesin dengan Dextromethorphan apa? Untuk kondisi seperti saya kira-kira yang tepat yang mana? Terus ketika saya memutuskan untuk mengambil yang untuk batuk berdahak, ada banyak merk obat batuk yang memiliki kadar Bromhexine HCl dan Guaifenesin yang berbeda di tiap kandungan per 5ml nya. Ada yang Bormhexine HClnya lebih besar lalu ada yang Guafenesinnya lebih besar, bagaimana kita memilihnya?

Untungnya sekarang sudah era teknologi sehingga Saya bisa tinggal googling (mmm.. sebenernya ngeBing sih soalnya pakai Windows Phone :p ) keyword tersebut dan boom, langsung muncul keterangannya itu zat apa dan fungsinya untuk apa. Dengan begitu, Saya bisa mengira-ngira dengan tingkat batuk seperti ini, intensitas mucus yang saya rasakan, kira-kira kandungan mana yang kira-kira lebih tepat untuk Saya. Saya tidak bisa menjamin apakah interpretasi pribadi saya ini tepat dan akurat tidak, tapi yang pasti akan jauh lebih membahayakan jika kita membeli obat tanpa tahu apa yang terkandung di dalamnya serta apa efek dari zat tersebut untuk tubuh kita.

quote buku saku dokter

Inilah manfaat terbesar teknologi, kita bisa mendapatkan informasi apapun yang kita butuhkan dengan cepat dan mudah. Semoga aja situs-situs tersebut gak diblok juga sama si bapak jenius yang tidak tahu apa itu DNS karena mungkin ada zat yang mengandung unsur pornografi (masih sensi sama tindakan babat brutal situs di internet) hehehe. Mungkin bisa nih kolaborasi dengan teman-teman farmasi atau kedokteran untuk bisa membuat aplikasi mobile yang memberikan pencerdasan atau rekomendasi obat yang tepat untuk kita. Atau udah ada sih yang bikin, namanya bukusakudokter (bisa cek di sini).

About Adam Ardisasmita (1159 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

4 Comments on Googling Dulu Sebelum Beli Obat

  1. Kalau aku dam, mending nanya ke temen yang di kedokteran atau farmasi, soalnya di internet kadang bikin depresi kalau baca-baca obat2an sama penyakit gitu. Bisa lebih dalam juga informasi yang digali, kayak dosis yang pas seberapa.

    Suka

  2. wah emang sekarang mau apa2 harus googling dulu yah, hehe

    Suka

  3. kalo ane kadang2 suka tetep takut gan kalo di internet kan suka ada yang ngasih jawaban yang asal-asal gitu

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. Terlalu Banyak Obat Kimia | Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: