My Journal

[Review Game] Hearthstone: Game Collectible Strategy dari Heroes of Warcraft

Hearthstone

Hearthstone

Blizzard, developer game raksasa dari US yang telah memiliki banyak judul game besar (World of Warcraft, Diablo, dll), kini masuk ke ranah collectible (card) strategy game. Dibandingkan game-game besarnya terdahulu, game yang berjudul Hearthstone ini jauh lebih casual tapi tetap memiliki kedalaman yang luar biasa. Hearthstone sudah diluncurkan versi betanya cukup lama, tapi booming luar biasa dari HS ini adalah ketika sekarang muncul versi iPadnya. Bagi penggemar Dota dan WoW yang merasa sudah semakin sibuk dan tidak memiliki waktu banyak untuk bermain game, HS menjadi pelarian yang sangat tepat. Satu game di HS ini hanya butuh waktu kira-kira 10 menit.

Pada dasarnya, game HS ini adalah game online strategi dengan collectible item berupa kartu di environment World of Warcraft. Kita bisa memainkan 9 kelas dari heroes yang ada di dalam game WoW (Hunter, Warrior, Shaman, Paladin, Mage, Priest, Druid, Rogue, Warlock). Bagi yang sudah hafal dengan game WoW, pasti bisa menerka dengan mudah kelebihan dan kekurangan dari masing-masing kelas 🙂 Kita akan bermain melawan karakter lain dengan objektif membuat HP dari heroes lawan jadi 0/30. Untuk melakukan itu, kita akan memiliki 30 buah kartu yang bisa berisi kartu Minion (monster untuk diletakan di field) atau kartu spell (yang bisa langsung memberikan damage ke heroes/minion, bisa memberikan trap, dan lain-lain). Dengan kombinasi 30 kartu itulah kita akan bertahan dan menyerang hingga salah satu dari heroes mencapai HP 0.

Tiap Heroes akan memiliki kartu yang hanya bisa digunakan oleh kelas tertentu dan juga akan memiliki skill khusus yang hanya dapat digunakan heroes tersebut. Berbagai jenis kartu khusus kelas tertentu ini lah yang membuat variasi kombinasi yang bisa kita lakukan dalam setiap permainan akan sangat variatif. Proses kita menyusun deck pun menjadi sangat menyenangkan dan penuh dengan pertimbangan. Walaupun kesannya rumit, game ini memberikan UX yang sangat simpel sehingga rasanya bukan hardcore gamer pun akan bisa sangat cepat beradaptasi dengan game ini. Saya akan coba bahas fitur-fitur dan keunggulan di game ini.

Main Menu

Main Menu

Tidak ada informasi yang berlebihan yang ditampilkan di main menu serta memberikan informasi yang menurut saya sesuai porsinya. Ketika pertama main, tentu kita akan dibimbing dengan tutorial. Tapi tanpa tutorial pun, dengan menu ini player baru akan bisa langsung masuk ke practice untuk iseng-iseng nyobain “game ini ngapain sih sebenernya.” Di main menu kita bisa memilih untuk “Play” “Practice” dan “The Arena.” Lalu ada juga icon “shop,” “quest” (yang tanda seru), “open pack,” dan “My Collection.” Kemudian di sudut kiri bawah ada icon teman kita yang sedang Online dan di sudut kanan bawah ada mata uang yang kita gunakan di game ini serta tombol setting. Yang menarik dari game ini adalah tidak adanya fitur energi sehingga kita bisa memainkan game ini sesering yang kita mau. Mengingat game ini gratis, designer game ini merancang adanya iAP untuk membeli deck di shop. Jadi dari sisi monetisasi, pemain akan mendapatkan experience yang tidak terganggu sama sekali dari sisi game serta tetap balance antara yang membeli item iAP dengan yang tidak.

Menu Play

Menu Play

Di Menu Play, kita bisa memilih ingin main menggunakan heroes yang mana serta menggunakan set deck yang mana. Setelah itu, kita bisa memilih akan bermain kasual atau bermain ranking. Bermain kasual artinya kita mencari lawan yang setara deck set dan levelnya dengan kita dimana menang kalah tidak masalah. Sedangkan untuk menu ranking, jika kita menang kita akan dapat satu bintang sedangkan jika kalah akan berkurang bintangnya. Ada ranking 25-1 dan legendary ranking. Untuk naik ranking, butuh beberapa bintang. Jadi jika kita menang terus, kita akan mendapat ranking tinggi sedangkan jika kalah akan turun ranking kita. Ranking ini berguna jika ada event, misalkan ketika kita baru main, kalau dalam sebulan (satu season) kita berhasil berada di ranking 20, di akhir bulan akan dapat kartu spesial. Kemudian bukan berarti main kasual tidak ada gunanya. Dengan main kasual, setiap main (baik kalah atau menang) karakter kita akan mendapatkan experience untuk menaikan level heroes kita. Setiap naik beberapa level, heroes kita akan mendapatkan reward kartu milik kelas heroes kita. Lalu setiap tiga kali menang, kita akan mendapatkan 10 koin. Cukup fair mengingat harga satu pack kartu di shop (isi lima kartu) hanya 100. Game ini juga ada questnya, misalkan daily quest, setiap kita berhasil selesaikan akan dapat 40 koin. Artinya untuk bisa mendapatkan koleksi kartu baru di game ini sangatlah mudah, hanya perlu rajin-rajin main aja 🙂

Menu Shop utk Beli Pack

Menu Shop utk Beli Pack

Screen Shot 2014-04-30 at 1.12.04 PM

Satu pack isi lima kartu random

Kemudian agak berbeda dengan yang di menu “Play,” ada juga menu “The Arena.” Bermain di Arena ini sistemnya adalah survival. Kita akan membayar tiket masuk ke Arena (150 koin atau bayar via IAP), lalu kita akan memilih deck yang pilihan kartunya dibuat dengan mode suggestion, lalu kita harus terus memenangkan tiap game dengan deck tersebut. Kita hanya diberikan tiga kali kesempatan untuk kalah dalam permainan. Jika telah tiga kali kalah, maka berakhirlah Arena kita. Tapi, tiap kali menang, kita akan mendapatkan “key” yang semakin bagus untuk membuka reward dari Arena. Reward tersebut akan kita dapatkan setelah kita selesai Arena. Saya sendiri belum cukup pede untuk main di Arena mengingat saya belum menguasai semua heroes dan kartu-kartu spesial mereka, jadi sekarang saya masih fokus di levelling masing-masing heroes dan meningkatkan koleksi kartu saya. Di Youtube banyak sekali video-video Arena yang sangat seru untuk disaksikan 🙂 Makanya saya tahu kalau set kartu dan skill saya masih belum sampe :p hehehe

Menu arena

Menu arena

Lalu buat orang yang males mikirin deck ato takut ribet, jangan khawatir. Seperti yang saya sempat singgung, game ini sangat balance. Mekanik dasarnya adalah setiap kartu punya mana cost, mana yang harus kita miliki untuk bisa menggunakan kartu tersebut. Defaultnya setiap turn, mana kita akan naik dari 1  hingga 10. Lalu tiap kartu minion (ingat ada minion ada spell) memiliki HP dan Attack plus efek spesial dari kartu seperti Taunt (membuat minion/heroes lawan harus menyerang kartu tsb), Stealth (membuat kartu tersebut tidak bisa diserang sebelum kartu tersebut menyerang), dan banyak efek spesial menarik lainnya. Pembagian kartu antara minion dan spell, kartu dengan mana cost 1-10, kartu spesial untuk kelas tersebut dengan kartu netral, dan juga combo-combo dari kartu harus diperhatikan dengan baik. Lalu bagaimana dengan yang males atau bingung? Ada fitur suggestion yang akan memberikan kita tiga pilihan kartu dan kita harus memilih satu di antar tiga kartu tersebut sampai kita punya 30 kartu di deck. Lalu kalau males juga, bisa minta dipilihkan random oleh komputer. Yang pasti, dengan metode tersebut, kita akan punya deck yang balance, walaupun belum tentu kombo antar kartunya efektif.

Fitur penyusunan deck

Fitur penyusunan deck

Silahkan diunduh game ini yang tersedia untuk PC, MAC, dan iPad serta rasakan sendiri serunya memainkan game yang super balance ini dari sisi mekanis serta indah dari sisi visual. Lalu yang paling supernya lagi, monetisasi game HS tidak membuat user frustasi. Tidak ada iklan, tidak ada pembatasan durasi main, serta apa yang bisa didapatkan dari IAP tetap bisa kita dapatkan asalkan kita rajin main. Bagi saya, ini adalah game yang pantas diberi nilai 10/10 karena sempurna dari berbagai aspek. Fakta bahwa sudah ada versi mobilenya, mungkin bisa dikasih versi 11/10 (walaupun baru untuk iPad saja).

About Adam Ardisasmita (1148 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Trackback / Pingback

  1. Rutinitas Pagi Hari di Kantor | Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: