Iklan
My Journal

[GameLog] Mendengar Feedback dan Memberi Update

panel_rate

Salah satu kerjaan rutin tiap pagi saya adalah membuka dashboard analitik. Di situ kita bisa melihat berapa jumlah download, berapa sering pemain kembali ke game, berapa banyak yang memainkannya dalam satu hari, dan banyak sekali data-data lainnya. Mungkin saya tidak akan membahas tentang KPI dari sisi angka dan statistik dulu, tapi saya lebih ingin membahas input kualitatif berupa feedback review dari user. Feedback review dari user ini adalah sebuah tools yang sangat penting bagi berkembangnya game/produk kita. Bentuk review dari user ini bisa bermacam-macam, ada yang hanya memberikan rating di store, ada yang memberikan comment di store, bahkan ada yang sampai mengirimkan email panjang ke akun support game tersebut. Bagi saya, semua feedback tersebut adalah hal yang sangat berharga dan sangat memacu untuk terus mengembangkan dan memperbaiki kualitas game tersebut.

Rasanya saya sudah sering mention bahwa tidak ada produk yang sempurna, apa lagi yang baru dirilis. Jadi disinilah tahap untuk memoles dan menyempurnakan game kita secara bertahap. Di game Roly Poly Penguin itu sendiri, kami menargetkan setiap 1-2 minggu sekali memberikan update sesuai dari masukan dari user kita. Ada banyak sekali hal-hal major hingga hal-hal kosmetik yang kami tambahkan ke dalam game. Ada banyak sekali masukan yang datang dan itu selalu saya catat ke rencana penambahan fitur/feedback untuk update berikutnya. Dengan metode seperti ini, saya ingin agar game tersebut juga tumbuh bersama usernya. Tidak hanya kita memberikan user experience bermain game yang menyenangkan, kita juga terus menghargai user kita dan memberikan value lebih ke dalam game kita.

Feedback yang dicatat

Feedback yang dicatat

Ada beragam feedback yang saya sering perhatikan. Feedback-feedback positif dengan rating lima, biasa saya pandangi sebagai bentuk apresiasi terhadap kerja keras developer, tapi saya tidak terlalu lama menatap komen-komen tersebut. Bagi saya, komen terpenting adalah ketika ratingnya rendah atau komennya negatif karena itu merupakan bahan bakar utama bagi developer untuk tetap semangat memperbaiki game tersebut. Saya akan coba tampilkan beberapa feedback untuk Roly Poly Penguin dari user.

Feedback yang memacu kita utk memperbaiki performa game

Feedback yang memacu kita utk memperbaiki performa game

Feedback setelah game diupdate

Feedback setelah game diupdate

Akan tetapi, ternyata masih ada yang belum terselesaikan masalahnya :p

Akan tetapi, ternyata masih ada yang belum terselesaikan masalahnya :p

Feedback yg bikin rajin buka google translate

Feedback yg bikin rajin buka google translate

Terkadang ada update yang membuat dilema sang developer

Terkadang ada update yang membuat dilema sang developer

Itu hanyalah sebagian kecil dari banyak sekali feedback yang telah saya terima, capture, dan siapkan untuk update berikutnya. Intinya adalah setiap suara itu penting dan kita harus melakukan sesuatu untuk menjawab suara tersebut. Terutama jika game kita itu berbayar, maka sudah menjadi hal yang mutlak bagi kita untuk siaga mendengarkan pendapat dan keluhan user kita kemudian memperbaikinya di rilis update berikutnya. Satu lagi poin penting yang ingin saya ulang dari tulisan-tulisan gamelog saya sebelumnya adalah “Rilis bukanlah akhir dari perjalanan, rilis adalah garis start.”

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. [GameLog] Roly Poly Penguin 60.000 Download | Ardisaz
  2. [Gamelog] Post Mortem Roly Poly Penguin – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: