My Journal

Game RPG dari Indonesia Tembus Target di Kickstarter

Calestian Tales: Old North

Calestian Tales: Old North

Tiga tahun yang lalu, game developer Indonesia bisa bikin game RPG yang diakui internasional adalah hal yang mustahil. Tapi saat ini, industri game di Indonesia sudah semakin maju dan berkembang. Salah satu game developer Indonesia berhasil meloloskana proyek game RPGnya di Kickstarter. Bagi yang belum tahu, Kickstarter adalah web crowdfunding dimana masyarakat bisa mendonasikan uangnya untuk suatu proyek. Tahun lalu, game Calestian Tales: Old North ini gagal mencapai target pendanaannya agar proyek ini bisa berjalan. Di Kickstarter, kalau target dana tidak tercapai dalam beberapa waktu tertentu, uang donasinya dikembalikan ke donaturnya. Namun belajar dari kegagalan dan pengalaman yang lalu, kini Calestian Tales berhasil mendapatkan pendanaan sesuai target, 30.000 NZD dalam kurang dari 2 minggu. Bahkan masih tersisa sekitar 2 minggu lagi sampai batas waktu berakhir. Harapannya, bisa tercapai stretch goal, yakni target yang akan direalisir kalau pendanaan lebih dari goal.

Bagi pecinta RPG klasik, game ini sangat cocok untuk dimainkan. Silahkan download prototypenya di halaman ini (kickstarter calestian tales: old north). Game ini bisa di coba di PC maupun MAC. Kalau mau nyumbang juga dipersilahkan. Yang ingin saya soroti adalah semangat pantang menyerah dari para developer ini untuk terus mengembangkan game impian mereka. Bagi sebagian besar orang, ketika gagal di kickstarter atau di ajang lainnya, mereka akan berhenti dan mencoba mencari proyek lain yang lebih realistis. Ekuator game sayangnya tidak mudah menyerah. Mereka belajar dari kesalahan mereka di proyek sebelumnya dan membawanya menjadi sebuah pelajaran berharga untuk merilis proyek mereka di kickstarter lagi. Saya lihat banyak sekali improvement dari sisi grafik, sisi presentasi, dan yang paling penting adalah adanya demo atau prototype game. Melihat kesuksesan game dreadout di ajang crowdfunding, prototype rupanya punya nilai jual penting dalam menarik kepercayaan para donatur.

Gameplay Calestian Tales: Old North

Gameplay Calestian Tales: Old North

Ini merupakan kabar gembira dan angin segar bagi industri game di Indonesia. Titik ini bukanlah puncak kejayaan game developer Indonesia, tapi justru baru permulaan. Seperti postingan saya sebelumnya, ini adalah bukti bahwa benchmark dan standar game di Indonesia semakin tinggi. Kualitasnya semakin baik, designnya semakin baik, scopenya semakin besar dan variatif. Di area industri game yang sangat luas ini, RPG hanyalah satu kepingan kecil. Masih banyak kepingan-kepingan lainnya yang harus kita angkat agar Indonesia bisa jadi superstar dalam dunia game internasional.

About Adam Ardisasmita (1207 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

3 Comments on Game RPG dari Indonesia Tembus Target di Kickstarter

  1. yaampun, spritenya… ragnarok..

    Suka

  2. Dika Darmawan // 26/10/2020 pukul 12:28 am // Balas

    wah kalo ngomongin rpg gue lagi ke hook banget nih sama Econw.co demen banget wa maen game ini sampai kadang lupa waktu oi wakwkawkawak.

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. Dua Kabar Gembira Dari Dunia Game Lokal | Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: