Iklan
My Journal

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Membuat Game Setipe Clash of Clans?

Clash of Clans, gambar diambil dari modojo.com

Clash of Clans, gambar diambil dari modojo.com

Sekitar seminggu yang lalu, Arsanesia ditawari proyek untuk membuat game dari sebuah perusahaan. Walaupun memang tahun ini kami tidak ingin mengambil banyak proyek biar bisa fokus ke produk, tapi saya coba cari tahu dulu kira-kira game seperti apa yang ingin mereka buat, siapa tau saya bisa lempar (referensikan) ke studio lain (itung-itung bagi-bagi rejeki lah.) Kemudian mereka mengirimkan sebuah draft rancangan game yang menurut saya sudah sangat lengkap (dan pasti memudahkan kita untuk mengerjakan gamenya.) Pas saya lihat, ternyata spesifikasinya mirip sekali dengan game Clash of Clans.

Clash of clans merupakan sebuah game legendaris yang sampai sekarang masih berada di top grossing apps. Saya pernah menulis tentang betapa tajirnya studio miliki clash of clans ini di link ini. Pas ditanya berapa biaya yang dibutuhkan, jujur saya sulit menghitungnya karena scope yang sangat besar dan harus memanage user yang sangat banyak menggunakan server. Akhirnya, saya coba masuk ke forum di gamedev.net untuk mencari tahu kira-kira ada yang pernah menghitung tidak berapa cost yang dibutuhkan untuk mengembangkan game setipe Clash of Clans. Ternyata ada cukup banyak pembahasan dan diskusi tentang game itu dan biaya yang dibutuhkan untuk membuat game yang sejenis. Berikut saya tuliskan reply email saya kepada perusahaan yang menanyakan cost untuk mengembangkan game setipe CoC

Untuk menghasilkan game dengan kualitas yang setara dengan Clash of Clans, baik dari segi visual, gameplay, animasi, dan berbagai aspek lainnya, dibutuhkan waktu pengembangan 8-14 bulan (Pembuat Clash of Clans sendiri membutuhkan waktu 2 tahun).
Cost yang digunakan untuk develop produk tersebut, untuk yang mampu menghasilkan game dengan kualitas setara dengan CoC membutuhkan 1-2 juta dolar, tapi ada juga yang memberikan harga 300-350 ribu dolar dengan kualitas di bawah itu.
Lalu yang paling besar adalah cost untuk support dan maintenance server. Kita gunakan asumsi cost untuk memberikan dukungan server bagi 1 pemain adalah $1 perhari, misalkan kita target game tersebut memilikii 200.000 pemain, diasumsikan 3 bulan pertama akan membutuhkan biaya perawatan kira-kira 16,8 juta dolar. Tapi klo kita mau pakai angka realistik sekitar 5.000-10.000 pemain, mungkin hanya perlu 500 ribu sampai 1 juta dolar.
Angka-angka di atas itu kalau kita pakai tarif internasional, mungkin kalau tarif di Indonesia bisa turun 40-60% dari angka di atas.
Saya sendiri kaget mengetahui cost untuk maintenance servernya dan tentunya perusahaan yang menghubungi saya juga kaget. Dari Arsanesia sendiri, kita belum punya resourcenya untuk bisa develop game selevel CoC. Saya tadinya mau mereferensikan ke studio yang menurut saya paling memungkinkan untuk develop game ini dari segi resource dan experience yakni Agate Studio. Saya melihat Agate punya pengalaman di bidang game dev yang sangat tinggi dengan jumlah SDM yang sangat banyaj, lalu ditambah portofolio agate menghandle Football Saga dan Sengoku yang merupakan game online dan butuh server memperkuat asumsi saya bahwa Agate mampu mendevelop game dengan spec seperti CoC. Saya sudah menawarkan, mau tidak saya kenalkan dengan pihak Agate, namun ternyata dari perusahaan tersebut juga memutuskan bahwa harga tersebut terlalu tinggi dan memutuskan untuk tidak jadi mendevelop game tersebut.
Kalau dilihat dari harganya, sepertinya mahal banget yah, tapi kalau bisa bernasib sama dengan game CoC yang revenuenya 2M-an perhari, angka di atas itu kecil lah yah :p Hehehe
Iklan
About Adam Ardisasmita (1142 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

11 Comments on Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Membuat Game Setipe Clash of Clans?

  1. pendapatannya udah puluhan M per hari sekarang :))http://id.gamesinasia.com/facebook-clash-of-clans-diretas-pendapatan-supercell-terbongkar/

    Suka

  2. Bro buat chat online seperti minifriday donk. Pasti banyak yg main.

    Suka

  3. Ternyata pengeluarannya luar biasa

    Suka

  4. Apa ada yang bisa membantu:
    Jika ingin membuat game sekelas clas of clans tapi membuat sendiri, apa ada link tutorialnya?
    Lalu kemampuan programming dan non program apa yang di butuhkan?

    Saya punya ide game dan aplikasi yang saya bisa pastikan kemungkinan besar akan disukai banyak orang, tapi binggung untuk mengimplementasikannya 😦 thx befor all
    Pin bb 525846FF
    Siapa tau ada yang antusias bgt bantu saya 🙂

    Suka

  5. Itu namanya cetak rompak dong si dong

    Suka

  6. ayup apriasn // 01/03/2016 pukul 4:44 pm // Balas

    Wah butuh biaya besar tuh dan skill

    Suka

  7. Om sya mau bikin aplikasi nih.. Bisa dibantu2 gk om utk belajar dll?

    Suka

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. [GameLog] Bikin Game Gini Doang Kok Mahal? | Ardisaz
  2. Cara Membuat Game Coc Ada 2 | Aneka Cara UnikAneka Cara Unik
  3. Clash Of Clans Jokowi, | My Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: