Iklan
My Journal

Tips Beli Printer yang Sesuai Kebutuhan Rumahan

Printer di Rumah

Printer di Rumah

Saat ini, rasanya printer sudah menjadi kebutuhan yang cukup penting. Banyak sekali dokumen yang perlu kita print, kita scan, atau kita fotocopy. Dengan adanya printer yang memiliki fitur scan tersebut, tentu keperluan kita akan jadi lebih terakomodir. Surat-surat berharga seperti akte kelahiran, ijazah, KTP, SIM, dll bisa kita scan lalu softcopynya kita simpan di cloud agar tidak hilang. Kemudian kita juga bisa fotocopy (baik itu berwarna/hitam-putih) jikalau surat2 tersebut dibutuhkan. Jadi sepertinya kebutuhan akan printer all-in-one (printer + scanner) sudah sangat tinggi.

Di toko-toko dan mall besar, banyak sekali berbagai jenis printer dengan harga bersaing disajikan. Bagi kita orang awam pasti bingung dong milihnya, nyari yang berapa ppm, nyari yang tintanya gimana, dan lain sebagainya. Belum lagi dibeberapa toko menawarkan untuk model infus dimana tinta kita dibolongin dan disambung selang untuk narik tinta dari tabung eksternal. Sering banget kita tergoda dengan berpikir metode tersebut lebih hemat dan lebih praktis dibandingkan harus ganti cartridge yang harganya bisa ratusan ribu. Tapi sekali lagi, harus dikembalikan ke sesuai kebutuhan kita.

Kalau kebutuhan utamanya seperti yang saya sebutkan di atas, cuma untuk kebutuhan rumahan, maka kita gak perlu liat PPMnya, jenis tintanya, dll. Cukup cari printer yang all-in-one (printer-scanner, klo emang perlu boleh cari yang ada faxnya), tapi gak usah pake infus-infusan. Infus itu guna klo kebutuhan ngeprint kita bisa tiap hari ada yg diprint. Klo enggak, misalkan cuma dipake seminggu sekali ato sebulan sekali, metode infus gak efektif dan cenderung bikin printer jadi gak awet. Udah pengalaman dulu beli printer, diinfus, terus jarang dipake, maintanancenya ribet banget dan sering bocor ato kering. Akhirnya saya memutuskan untuk pake cartridge biasa aja, klo abis ya direfill ato beli baru. Itu jauh lebih nyaman dibandingkan harus ke service center bawa printer segede2 gitu untuk direparasi. Jadi prinsipnya, cari yang all-in-one, merknya jelas, dan cari yang harganya paling murah :p

Terus, klo buat saya pribadi, ada satu lagi kebutuhan tambahan. Saya lebih banyak beraktivitas menggunakan iPad saya, seperti baca email, nerima file kerjaan, dll. Jadi klo untuk ngeprint dimana saya harus mindahin dari ipad ke PC, ato harus buka PC dan nyolok ke printer dulu, rasanya kok repot yah? Biasa, generasi instan dan otomatis ini makin lama makin parah yah :p Jadinya saya menambahkan satu spec lagi, yakni WiFi. Dengan printer ber-WiFi, saya bisa ngeprint dokumen dari berbagai device saya, laptop, ipad, smartphone, dll tanpa harus nyolok2in apa2 ke printer. Hehehe Tapi ini opsional yah, buat yang males kayak saya, WiFi ini berguna banget.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1147 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Comments on Tips Beli Printer yang Sesuai Kebutuhan Rumahan

  1. Pas bgt nih. Kmrn gw hampir beli tinta infus dan printer baru untungnya blm jd. Kl kebutuhan gw utk priter rumahan, frekuensi seminggu sekali di print mending pake infus gak? Ktnya skrg cartridgejg udah murah ya? Dlu sempet pnya printer HP yg paling murah wktu zaman kuliah di bdg kayak ga asik gtu abis tinta abis d refill ttp ga jalan.

    Suka

  2. Halo CP. Hmm.. klo gw sih kapok yah pake yang infus klo cuma dipake jarang2. Soalnya dia itu harus selalu dimaintain biar tintanya tetep nyedot (dan ada di selang) dan biar gak kering di cartridge. Klo ukurannya cuma buat rumahan yang ngeprtin cuma seminggu sekali, dan sekali ngeprint paling gak nyampe 100 halaman, kata gw sih mending beli cartridge baru aja klo abis. ato klo mau agak hemat ya di refill. Terus klo saran buat merek, klo mau yang bagusan di kelas printer rumahan paling epson, ato klo mau yang agak murah canon.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: