Iklan
My Journal

Longsor di KM 47, Akses Jakarta-Bandung Terganggu

Sudah hampir 2 minggu tol cipularang (mungkin sudah masuk cikampek yah) di KM 47 longsor. Akibat longsor ini, hanya dua lajur saja yang bisa dipakai di jalur Bandung menuju Jakarta. Efeknya sangat parah, apalagi disaat liburan sekolah begini dimana banyak anak-anak atau rombongan wisata yang melintas tempat itu. Hari Jumat lalu, ke Jakarta butuh waktu 5 jam. Itu mulai macet dari km 54. Nah, pas saya pulang ke Bandung hari Minggunya, saya melihat kemacetannya sampe ke KM 74. Wow, berapa jam itu orang perjalanan ke Jakarta.

Hari Seninnya, saya dengar banyak travel yang membatalkan keberangkatannya. Alternatif yang paling memungkinkan adalah naik mobil via puncak (yang pasti juga macet di waktu liburan gini) atau naik kereta. Masalahnya dengan kereta adalah jadwalnya yang hanya sedikit (tidak banyak pilihan jam seperti travel) dan tujuann akhirnya yang agak merepotkan (stasiun gambir). Dari gambir kemana-mana kan juga macet (kecuali klo naik kereta lagi yah). Selain itu, harga kereta relatif lebih mahal dari harga travel (belum ditambah ongkos dari stasiun ke lokasi yang kita inginkan).

Paling bahayanya, sebentar lagi puasa dan lebaran. Momen mudik beserta arus baliknya itu, tanpa jalanan longsor aja udah macet parah. Wah apalagi klo KM 47 ini masih rusak pas arus mudik, bisa macet super panjang itu orang-orang yang mudik. Semoga sebelum orang-orang pada mudik, KM 47 ini udah normal dan semua jalan bisa dilalui dengan lancar.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1117 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Comment on Longsor di KM 47, Akses Jakarta-Bandung Terganggu

  1. Setuju dengan Adam. Bahkan buat saya yang tiap minggu bolak-balik Bandung-Jakarta, hal ini sangat mengganggu sudah lebih dari 1 bulan sebenarnya. Alternatif lain yang biasa saya gunakan yaitu keluar di GT Karawang Timur (KM 54), menembus kota Karawang, kemudian masuk lagi di GT Karawang Barat (KM 46). Kalau malam hari, jalur alternatif ini dapat ditempuh dengan hanya 30 menit saja. Trik ini bisa cukup menghemat waktu, tetapi hanya efektif kalau ujung antrean macetnya masih belum sampai KM 54.

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. Contra Flow di KM 47 untuk Mengatasi Kemacetan karena Longsor | Rumah Pikiran Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: