Iklan
My Journal

[Review] Mengamati Instagram VS Vine

Instagram video

Instagram adalah sebuah aplikasi mobile yang berupa social media khusus untuk berbagi foto. Namun belum lama ini, Instagram mengeluarkan fitur video sharing yang menyaingi Vine (pembahasan tentang vine di sini). Berbeda dengan Vine yang hanya bisa merekam video berdurasi 6 detik, Instagram memberikan akses kepada user untuk merekam video hingga durasi 15 detik. Tak hanya itu, fitur andalan Instagram berupa foto filtering ikut masuk menjadi senjata pamungkas. Genderang perang antara kedua pihak ini semakin gencar.

Instagram sudah dibeli Facebook dan Vine milik Twitter. Facebook dan Twitter ini memang sudah lama tidak akur. Salah satu bentuk serangan frontal dari Twitter kepada Facebook adalah menghilangkan fitur untuk menampilkan gambar dari Instagram di twitter timeline semenjak Instagram dibeli Facebook. Sebulan yang lalu, Vine sempat membalap Instagram dalam hal jumlah sharing di Twitter. Serangan balasan dari Facebook adalah dengan memunculkan fitur video sharing yang sudah menjadi fitur utamanya Vine.

Efek dari serangan dari Facebook dan Instagram, pengunjung Vine perhari berkurang hingga setengahnya. Sebagian besar pengguna Instagram yang sudah mencicipi Vine, memilih untuk melanjutkan aktivitas video sharingnya di Instagram. Apalagi, sejumlah tokoh dan artis sudah lebih dulu memiliki Instagram, sehingga orang banyak yang menantikan video posting dari berbagai artis di Instagram. Lalu, apakah Vine akan mati?

Kondisi Ketika Vine berhasil Membalap Instagram

Kondisi Ketika Vine berhasil Membalap Instagram

Seminggu setelah Instagram Video diluncurkan

Seminggu setelah Instagram Video diluncurkan

Menurut Saya, jawabannya adalah tidak. Vine menjadi lebih segmented dan membentuk sebuah komunitas tersendiri. Video-video yang dipost di Vine berbeda karakternya dengan yang ada di Instagram. Untuk hal-hal yang sifatnya sehari-hari dan ringan, orang menggunakan Instagram. Vine lebih banyak diisi oleh video-video kreatif, unik, dan sesama pengguna Vine memiliki kedekatan, ada chemistrynya. Dan lagi, konon katanya Vine sedang menyiapkan update baru yang bakal mendongkrak pengguna Vine, kita lihat saja nanti. Jadi tinggal pilih mana social media video sharing yang paling tepat untuk video yang ingin kita share (dan jangan lupa, masih ada Youtube yang memiliki durasi jauh lebih panjang dan jumlah pengguna lebih banyak).

baca juga analisis lain di sini dan sini

Iklan
About Adam Ardisasmita (1125 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Comments on [Review] Mengamati Instagram VS Vine

  1. Pakai instagram bingung atau lebih tepatnya ga familiar.
    Lebih sering FB dan Twitter, toh mereka menyediakan layawan video dan gambar upload juga.

    Suka

  2. Iya, biasanya orang pakai suatu social media kalau banyak temannya yang pake juga 🙂

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. Snapchat, Sosial Media Yang Kontennya Hilang Tiap 24 Jam – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: