Iklan
My Journal

Datangnya Peluang dari Intel Indonesia untuk Developer

gambar diambil dari twitter intel indonesia

Ada salah seorang teman saya, Pak Firstman, mantan president dari Nokia Indonesia Community Enthusiast, yang kini bekerja di Intel Indonesia. Tugasnya di Intel Indonesia adalah untuk mengurusi konten aplikasi. Tentu itu jadi pertanyaan besar buat saya. Intel adalah perusahaan chip, apa hubungannya dengan konten? Bukankah yang mencari-cari konten ini tugasnya produsen perangkatnya yah? Akhirnya saya sempat ngobrol-ngobrol dengan beliau di mabes intel indonesia, melihat potensi apa yang bisa digali dari intel. Lalu tak lama dari hari itu, saya diundang lagi untuk bertemu dengan bos intel bagian software yang datang dari India. Kita kembali berbincang-bincang, saya tentu bertanya berbagai macam hal yang menjadi rasa penasaran saya kepada beliau. Akhirnya, dari meeting tersebut, ada beberapa hal yang sangat menarik, terutama buat kita para developer di Indonesia.

Saya akan bercerita tentang hal yang paling menariknya yakni teknologi terkini dari chip tersebut. Intel sedang gencar mempromosikan sebuah jenis laptop baru yang disebut ultrabook. Kita kenal ada Notebook dan Netbook, nah, ini adalah jajaran baru dari sebuah segmen laptop. Ultrabook itu cirinya tipis, ringan, tapi kekuatannya setara dengan Notebook. Saya sempat didemokan secara langsung prototype ultrabook tersebut. Klo fitur-fitur standar sih, lewat lah. Tapi ada pemanfaatan teknologi lain yang menurut saya menarik. yang pertama adalah touchscreen, akhirnya :’) saya menunggu-nunggu kapan laptop bisa touchscreen dan optimal. Kata optimal saya garis bawahi karena laptop yang touchscreen sudah pernah ada, tapi sistem oparsi yang mendukung itu belum ada. Dengan adanya windows 8, fitur2 touchsreennya bisa dimaksimalkan. Lalu, di ultrabook, terdapat berbagai fitur mobile seperti GPS, compass, sampai ada gyroscope dan accelerometernya. Wah, ini yang bikin kita-kita developer makin tergiur. Ada dua apps menarik yang di demokan. Apps pertama adalah sebuah game platformer, dimana ada orang yang berlari dan ada rintangan2 di depannya yang harus dilompati. Yang menarik adalah, cara kita menggerakan orang tersebut agar bisa melompat adalah dengan menepuk meja kita. Iya, meja. Dengan kita menepuk meja, orang-orang tersebut akan melaju. Lalu apps kedua yang tidak kalah menarik adalah apps untuk membaca buku. Kalau biasanya kita baca buku dilaptop, cara kita ganti halaman adalah dengan tekan tombol next atau scroll, ini kita tinggal menggerakan tangan kita seolah-olah menggeser layar di depan kamera lalu halaman tersebut akan otomatis terbuka.

Acara Intel Ultrabook City, bukti keseriusan Intel Indonesia

Acara Intel Ultrabook City, bukti keseriusan Intel Indonesia. Narsis dikit :p

Dari sisi intel, yang mereka harapkan adalah kita mengembangkan aplikasi untuk device-device berbasis chip intel. Loh, (hampir) semua laptop kan intel based. Lalu android juga sekarang kan juga udah pake intel. Jadi, setiap kita develop apps untuk device berbasis intel, kita sudah bisa dibilang intel developer juga. Dengan menjadi intel developer, banyak banget benefit yang buat kita developer bisa dapatkan, mulai dari rekognisi, bantuan teknis, sampai bantuan device (iya, ultrabook tadi itu juga bisa dibagikan secara cuma-cuma untuk intel developer). Terus, kalau kita bikin apps untuk intel, submitnya kemana? Ya kalau buat windows 8 ke marketplacenya, klo buat android ke google playnya, kalau buat MacBook ke appStorenya, dll. Nah, klo masukin ke google play, bisa aja dong yang bukan pake chip intel download? Iya. Lah, terus apa untungnya buat intel? Gak ada. hahaha.. ini yang saya agak heran, sebenernya buat intel sendiri gak ada untungnya secara langsung. Kalo kata Pak Firstman, intel ke indonesia untuk bantuin developer lokalnya aja biar bisa berkembang.

Nah, jadi buat temen-temen developer yang tergiur dengan teknologi super power dan SDK yang ditawarkan intel, tertarik mengembangkan apps untuk ultrabook atau intel based devices, sok aja langsung hubungin Pak Firstman. Twitternya beliau ada di @firstmanm kalau mau tanya-tanya. Saya sendiri bukan ambasador dari intel indonesia, jadi kalau ada pertanyaan, langsung tanya beliau aja yah 🙂

p.s dalam waktu dekat ini, ada acara intel di Bandung dan Jakarta. Info bisa dilihat di http://apps4ultrabooks.in

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: