My Journal

Jordan Rudess, Penyihir di Dunia Musik dan Digital

gambar diambil dari macprovideo.com

Jordan Rudess adalah keyboardis dari grup Band Dream Theater (DT). Aliran musik DT adalah progresive rock. Mungkin bisa dilihat di youtube lagu-lagu DT untuk mengetahui lebih dalam lagi. Lagu-lagu DT terkenal dengan skillnya yang superb. Kelima anggotanya, baik itu vokalis, drummer, keyboardist, gitaris, hingga bassistnya punya skill yang sangat mendewa. Tapi yang ingin saya soroti kali ini bukan band tersebut melainkan Jordan Rudessnya.

Dia disebut penyihir karena selain jenggotnya yang kayak merlin, tapi juga musik yang ia ciptakan. Dia menggunakan berbagai instrumen musik untuk melahirkan nada-nada yang ajaib dan magical, yang mungkin tidak pernah kita dengar atau bayangkan nada tersebut ada sebelumnya. Dulu, alat musik yang membuat saya terkagum-kagum adalah fingerboard continuumnya. Pada jaman itu, rasanya amazing melihat ada nada yang bisa dimainkan seperti itu. Saya coba kasih lihat video bagaimana Rudess berexplorasi dan menciptakan nada yang magical dengan continuum tersebut.

Dulu saya ingin sekali memainkan continuum tersebut, tapi beli dimana? Pasti repot sekali memainkannya. Nah, hebatnya lagi, Rudess itu peka sekali dengan perkembangan zaman dan dunia digital. Dia dan temannya, Kevin Chartier, menciptakan sebuah aplikasi luar biasa yang mampu menghasilkan nada-nada yang ajaib. Iya, saya ulangi sekali lagi, mereka menciptakan sebuah aplikasi. Hehehe.. (lebay). Aplikasi pertama yang ia release bernama morph wiz (sudah tersedia buat iOS, Android, dan BB Playbook). Saya baru tahu ada apps tersebut ketika di konser DT kemaren, saya tidak melihat ia membawa continuum. Tapi, pas kamera menyorot dia, yang ada malah iPad di atas keyboardnya. Bayangkan, musisi mana yang menggunakan iPad untuk tampil di panggung sebesar itu? Apalagi apps yang diapakai adalah buatan sendiri :’) Luar biasa. Berikut adalah video sekilas tentang Morph Wiz buatannya.

Di iTunes, harga Morph Wiz 9,9 dolar 😥 mahal banget. Tapi saya sudah mendownloadnya (tebak sendiri beli atau ngebajak) dan memainkannya. Wuih, rasanya menarik sekali bisa menghasilkan suara-suara ajaib menggunakan apps tersebut. Saya pasti pakai tuh untuk composing sound terbaru di game arsanesia nanti 🙂 Nantikan saja yah suara-suara ajaib dari Morph Wiz pada game arsanesia berikutnya. hehehe… Namun tidak berhenti di situ, Rudess juga membuat dua apps lagi di iTunes. Yang pertama Sample Wiz dan yang kedua Geo Synthesizer (yang masing-masing harganya 9,9 dolar dan sudah saya download juga :p). Saya belum explorasi sih, tapi sekilas menarik untuk digunakan. Saya tampilkan juga video apps tersebut yah 😀 Selamat mencoba bagi yang tertarik berexplorasi dengan nada dan bunyi 🙂

About Adam Ardisasmita (1173 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Comments on Jordan Rudess, Penyihir di Dunia Musik dan Digital

  1. om boleh minta link download samplewiznya 🙂

    Suka

  2. Gan minta aplikasinya geo synthesizer donk?? hehe. give me the geo synthesizer app, please!! hehe

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: