Iklan
My Journal

The New iPad yang Baru Saja Launching

gambar diambil dari live.drjays.com

Pagi tadi Apple baru saja meluncurkan lini baru dari Apple, yakni Apple TV dan The New Ipad. Yang menjadi perhatian publik di seluruh dunia adalah iPad baru yang akan melanjutkan perjuangan iPad 2. Dari awal, saya merasa tidak ada yang perlu ditingkatkan dari iPad 2. Fitur fungsional yang ada di iPad 2 sudah cukup bagi saya. Kalaupun ada yang menarik, menurut saya perubahan atau tambahan yang perlu ditambahkan adalah kamera yang lebih baik, teknologi NFC, body yang lebih ergonomis dan “berbeda”, serta teknologi SIRI di iPad. Lalu pagi tadi saya mengikuti live twitter kegiatan launching iPad 2. Berikut adalah spesifikasi yang baru dan menarik dari The New iPad (tidak ada sebutan jelas, apakah iPad 3, iPad HD, iPad 2s, atau lainnya).

  • Retina Display 2048-by-1536 px
  • Quadcore A5X
  • Kamera 5Mpx dengan HD recording (1080p)
  • 4G LTE

Menurut saya, fitur baru tersebut bagus, tapi kurang menggoda. Fitur retina display dan kamera HD adalah fitur yang menarik, tapi nampaknya bukan fitur premier. Tanpa itu pun, aktivitas saya beriPad ria sehari-hari masih bisa berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan. Memang 2048×1536 itu amat sangat luar biasa (karena TV HD saja baru di 1920×1080), tapi dari segi kebutuhan, saya pribadi merasa bahwa iPad tidak butuh layar sehebat itu. Lalu Quadcore A5X adalah bagian penting dari retina display, namun selama iPad 2 bukan retina display, performa dengan chip yang saat ini ada tidak masalah bagi keberlangsungan hidup iPad 2. Dan fitur terakhir adalah 4G LTE, nampaknya ini bukanlah fitur yang bermanfaat jika di Indonesia karena belum ada jaringan yang kuat. Tapi di negara-negara lain yg jaringan 4G LTEnya sudah baik, ini adalah alasan pamungkas kenapa saya harus beli The New iPad. Jadi secara fitur, pendapat saya pribadi adalah fitur2nya bagus, tapi tidak cukup bagus untuk dijadikan alasan mengganti iPad 2 dengan The New iPad (walaupun kalau dikasih atau ada rejeki sih mau-mau saja ganti :p). Kalau yang tadinya punya iPad 1 atau belum punya iPad, The New iPad ini akan sangat menarik dan worth it.

Lalu dari sisi branding, body yang tidak ada perubahan menurut saya akan membuat pengguna iPad sebaga lifestyle tidak akan begitu antusias untuk membelinya. Secara brand, ketika membawa iPad, menimbulkan kesan sosial yang waw. Untuk membedakan iPad 1 dengan iPad 2, dengan melihat seseorang menggenggam iPad saja sudah bisa dilihat kalau orang tersebut menggunakan jenis iPad yang mana. Tapi antara iPad 2 dan The New iPad, kita harus ngeliat iPadnya dan memutar video HD dulu bari bisa dapat “wow”nya. Gengsi yang dijual akan sedikit lebih sulit ditangkap secara kasat mata. Tapi balik lagi, Apple selama ini jago dari sisi marketing. Setiap launching, produknya selalu dikritik tapi tetap sold out dimana-mana. Kita lihat saja, bisakah punch line “Retina Display” “HD Recording” dan “4G LTE” menjadi booster penjualan The New iPad ini?

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Comment on The New iPad yang Baru Saja Launching

  1. Harapan saya dengan keluarnya New iPad adalah : semoga harga iPad 2 cepet turun, hahahaha

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. Share Gadget dan Gear di 2015 | Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: