Iklan
My Journal

Geliat Mobil Nasional, Titik Cerah Kemandirian Bangsa

gambar diambil dari http://www.terpopuler.net

Mobil Esemka buatan anak-anak SMK saat ini tengah menjadi isu yang hangat. Semenjak Wali Kota Solo menggunakan Esemka menjadi mobil dinasnya, sontak pesanan terhadap mobil tersebut meningkat drastis. Jokowi merupakan aktor dibalik dikenal dan dihargainya mobil buatan dalam negeri ini. Tak hanya itu, muncul juga mobil-mobil lokal lainnya yang menjadi titik awal kebangkitan otomotif di Indonesia.

Saya pertama kali melihat mobil Esemka ini di sebuah pameran kreatif di JCC Senayan sekitar bulan July 2011. Ketika itu, saya mengobrol dengan para pembuatnya dan mereka cukup pesimis dengan kelanjutannya. Yang mereka buat hanyalah prototipe dan belum diproduksi secara masal. Sayapun sependapat dengan para siswa SMK tersebut. Sulit rasanya produk lokal buatan anak SMK untuk bersaing dengan merk internasional yang telah ternama. Satu-satunya yang bisa membantu mereka adalah dukungan dari bangsanya sendiri, terutama tokoh-tokoh besar serta orang-orang yang berpengaruh. Dan lihat bagaimana hasilnya, kini Esemka telah melejit, mendapatkan investor, dan siap untuk dibuat dengan kualitas yang lebih baik dan dalam jumlah besar.

Di pameran tersebut, saya tidak hanya melihat produk otomotif berkualitas buatan anak bangsa, tapi saya juga melihat produk yang sama bagusnya seperti laptop buatan dalam negeri, komputer tablet, robot, dan banyak lagi teknologi lainnya yang berpotensi untuk dikembangkan. Sesungguhnya kita bisa membuat produk yang sama kerennya dengan buatan Jepang atau Amerika. Kalau semua karya yang saya lihat di pameran tersebut didukung, saya rasa kita bisa setara dengan negara maju dalam waktu singkat. Tinggal dari seluruh elemen di dalam negeri ini saja siap atau tidak untuk mendukungnya. Agar bisa memunculkan Esemka-esemka di bidang yang lain, pemerintah, tokoh-tokoh, media, artis, dan seluruh lapisan masyarakat wajib mengapresiasi dan membantu berkembangnya karya anak bangsa.

Di balik penguasaan teknologi, terdapat kemandirian bangsa

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: