Iklan
My Journal

In-App Purchase untuk Aplikasi Mobile

Game Smurf untuk iPad Memanfaatkan IAP

In-App Purcahse (IAP) adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembelian konten digital tanpa perlu keluar atau meninggalkan aplikasinya. Konten digital yang bisa dibeli contohnya adalah membuka level baru pada game, sistem try and buy pada sebuah aplikasi, membeli uang virtual atau barang virtual pada aplikasi, melakukan subscription, dan lain sebagainya. Contoh implementasinya adalah bayangkan sebuah aplikasi seperti tamagochi, kita bisa membeli suplemen khusus bagi hewan peliharaan kita langsung dari aplikasi tersebut yang akan dipotong dari pulsa kita (hanya bisa di Nokia) atau kartu kredit kita.

Bagaimana sebenarnya sistem IAP ini berjalan? Berhubung saya hanya pernah mempelajari fitur ini milik Nokia, jadi saya akan jelaskan sistem IAP milik Nokia. Mungkin di platform lain tidak akan terlalu berbeda. Pada Nokia, dalam membuat aplikasi yang memanfaatkan IAP, kita bisa memilih untuk membangun dengan DRM atau menggunakan akses kontrol sendiri. Menggunakan DRM berarti kita mensubmit aplikasi sudah preload dengan konten-konten yang bisa dibeli lalu dienkripsi. Ketika konsumer melakukan pembelian melalui IAP, Nokia Store akan secara otomatis mendeteksi item apa yang dibeli, melakukan transaksi, dan mengirimkan key untuk mengunlock konten tersebut. Namun jika kita menggunakan akses kontrol sendiri, maka kita sendiri yang bertanggung jawab terhadap pengiriman konten baru tersebut. Nokia hanya akan melakukan transaksi, mengirimkan bukti pembayaran pada kita, dan kita yang akan bertanggung jawab memastikan konten tersebut sampai ke pengguna.

DRM cocok digunakan untuk aplikasi yang kontennya statik seperti games sedangkan akses kontrol pribadi untuk aplikasi yang membutuhkan subscription seperti berlangganan majalah. Pada DRM, jika karena satu dan lain hal aplikasi tersebut terhapus dari HP pengguna, maka ketika pengguna menginstal aplikasi tersebut, konten2 yang tadinya sudah terbeli akan dikembalikan kembali ke pengguna oleh Nokia Store secara otomatis. Sedangkan untuk akses kontrol pribadi, server kita harus mencatat apa saja konten yang sudah dimiliki dan melakukan restorasi kepada pemilik konten tersebut.

Keuntungan dari IAP adalah ini bisa menjad salah satu bagian dari monetisasi dalam bisnis model kita. Kita bisa membuat apps yang gratis, namun beberapa fitur baru bisa didapatkan dengan melakukan pembelian secara virtual menggunakan IAP. Dengan begitu, jumlah download kita akan tinggi karena gratis (sehingga meningkatkan bargain apps kita) namun juga kita tetap bisa mendapatkan revenue dengan IAP ini.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: