My Journal

Sumbit Applikasi ke OVI Store dengan Qt

Setelah mengalami beberapa kali trial dan error untuk bisa submit applikasi ke Ovi Store, maka saya akan berbagi mengenai cara melakukan submit ke Ovi Store. Tentu saja setelah sebelumnya kita telah berhasil membuat file applikasi.sis yang sudah diujicobakan di device Nokia. Caranya adalah:

  1. Buka Qt for Symbian command prompt
  2. Arahkan ke directory .pro
  3. ketikan qmake && make release-gcce
  4. ketika make sis

Kemudian diasumsikan kita telah terdaftar di publish.ovi.com. Selanjutnya tahapan-tahapannya adalah:

  1. Meminta UID ke Nokia. Untuk apa UID ini? ketika kita membuka Qt Creator, secara otomatis akan terdapat UID di file .pro kita. Namun UID tersebut tidak bisa digunakan untuk submiting applikasi. UID tersebut hanya bisa digunakan untuk melakukan testing di device kita saja. Cara mendapatkan UID tersebut adalah dengan cara mengirimkan email berisi user ID Ovi Publish akun kita, email kita, nama company yang digunakan.
  2. Setelah dapat UID, masukan UID tersebut di .pro kita (jangan lupa menambahkan vendor name).
  3. Kemudian unduh smartinstaller.sis dari Nokia dan dimasukan ke directory Nokia Qt SDK (yg digunakan untuk membuat .sis). Cara mudah untuk mengetahui dimana directory tersebut berada adalah ketikan make installer_sis di command prompt.
  4. Lakukan langkah-langkah membuat .sis seperti biasa. Setelah itu buka namaapplikasi_installer.pkg. Ganti UID di bagian header dengan UID khusus dari Nokia (bukan yg di .pro kita, ini UID tetap dari Nokia = 0x2002CCCF). Rubahlah “X:/proj/myapp/myapp.sis” – “c:\private\2002CCCE\import\myapp.sis” menjadi “X:/proj/myapp/myapp.sis” – “!:\private\2002CCCE\import\myapp.sis”
  1. Ketikan make installer_sis
  2. Maka applikasi_installer.sis lah yang siap kita submit ke publish.ovi.com

Jika masih ada pertanyaan, silahkan diberikan komentarnya di bawah. Terima Kasih

About Adam Ardisasmita (1373 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

7 Comments on Sumbit Applikasi ke OVI Store dengan Qt

  1. dam, caranya bikin project yang buat mobile apps di Qt gimana sih? terutama nyetting layar designernya ke template layar HP tertentu..

    soalnya gw ikutin tutorial yg ada,trnyata ada opsi2 yang ga ada di Qt gw, mungkin karena beda versi… trus documentation yang dari Qtnya malah bikin bingung sendiri…

    gw pake sumber yg ini: (dan maksud gw emang pengen bikin kyk gt)
    http://doc.qt.nokia.com/qtcreator-2.1-snapshot/creator-mobile-example.html

    mau coba2 bikin designya, tapi ga ngerti ukuran layarnya berapa. Dan gatau juga cara milih template-nya dimana..
    thx ya dam

    Suka

  2. klo layarnya, itu tiap hape beda2. Tapi biar aman, pake showFullScreen aja (kerugiannya button di kiri bawah dan kanan bawah ilang). Klo buat N8 make 360 x 640 sih.

    Opsi yg ga ada di Qt maksudnya gmn?

    Suka

  3. mas,, dapet uid nya gimana caranya?

    Suka

  4. @Resa, kamu sudah punya akun publisher belom di OVI Store? Klo sudah, kamu kirimkan saja email ke publishtoovi.support@nokia.com dengan melampirkan nama akun dan company kamu. Nanti kamu akan diberikan sebuah dokumen yg harus kamu print, ttd, dan di scan utk dikirim balik ke publishtoovi.support@nokia.com beserta sampai dengan 5 IMEI device Nokia yg kamu pakai untuk testing.
    Setelah itu Nokia akan mengirimkan 5 UID beserta sebuah certificate dan key yg bisa kamu pakai untuk mempackage appliakasi .sis kamu…
    Gmn?

    Suka

  5. balesan dari nokia kira2 berapa lama ya mas? kok lama banget..

    trus saya ikutin langkah ke-4
    “Lakukan langkah-langkah membuat .sis seperti biasa. Setelah itu buka namaapplikasi_installer.pkg. Ganti UID di bagian header dengan UID khusus dari Nokia (bukan yg di .pro kita, ini UID tetap dari Nokia = 0x2002CCCF).”

    kok malah jadi “application harmful”?

    thanks in advance

    Suka

  6. Balesan dari NOKIA biasanya 3-4 hari kerja (Sabtu-Minggu tidak dihitung)

    Kamu sudah masukin UID dari NOKIA belum ke .pro kamu? klo belum, wajar tulisan tersebut muncul karena UID yang kamu masukan masih dari hasil generate Qt creator. Coba jika sudah mendapatkan UID dari NOKIA, kamu ganti UID di .pro kamu. Apa masih ada pesan “application harmful” ?

    Suka

  7. mau tanya nih mas,,,,

    saya sudah bisa membuat file .sis nya, namun saat instalasi di hp nokia (E7), terdapat pesan error: untrusted supplier.
    ??????

    Suka

Tinggalkan komentar