Iklan
My Journal

Proses Pembuatan e-KTP

Pembuatan eKTP

Sebenernya sudah lama yah saya membuat eKTP (sekitar tanggal 20an di bulan April 2012), tapi karena belakangan teman-teman banyak yang berkomentar tentang proses pembuatan eKTP yang sangat merepotkan dan lama, saya jadi tergelitik untuk menulis tentang proses pembuatan eKTP di daerah saya. Dari yang saya tangkap, banyak sekali keluhan dalam proses pembuatan eKTP dan rata-rata keluhannya adalah prosesnya yang lama dan tidak efisien. Banyak yang harus menunggu berjam-jam, fasilitas cuma sedikit, antrian tidak tertib, dan banyak lainnya. Lain dengan di RT dan RW saya.

Jadi, saya tinggal di sebuah komplek yang tergabung menjadi satu RW, klo gak salah ingat, ada 4 RT di dalamnya. Data untuk eKTP dua RT diambil hari Sabtu dan dua RT sisanya diambil hari Minggu. Konon katanya sudah bisa diambil datanya dari pukul 08.00 WIB. Tadinya saya ingin datang lebih cepat agar tidak keburu rame antriannya. Karena rasa malas yang sangat tinggi, akhirnya saya baru menuju lokasi (di mesjid komplek) pukul 10.30 WIB. Pas saya sampai, ternyata tidak seramai yang saya bayangkan. Saya datang, ngisi daftar hadir gitu buat antrian (lupa orang ke berapa, tapi kayaknya udah lembar baru dan agak di tengah gitu ngisinya), saya sambil nunggu sambil beli jajanan (di sekitar mesjid banyak abang-abang), pas duduk di halaman mesjid (disediain tenda, kursi, dan meja gitu), ternyata di sana banyak makanan dan minuman. Hehehe Lumayan lah nambah cemilan. Belum lama saya makan menunggu, ternyata sudah giliran saya (paling sekitar 30-45 menit). Langsung ke tempat foto, tanda tangan, scan sidik jari, scan mata, sudah. Sesimple, senyaman, dan secepat itu 🙂

Mas-mas yang moto

Mesin buat tanda tangan digital

Mesin untuk merekam sidik jari

Mesin buat foto retina

Makanan dari warga :9

Jadi kesimpulannya adalah, daerah saya termasuk anomali (apa karena di komplek saya ada pejabat :p) karena teman-teman yang lain banyak yang mengeluhkan proses pembuatan eKTP. Namun, yang tetap menjadi pertanyaan adalah kapan eKTP tersebut jadi yah? hahaha sudah 3 bulan masih belum ada kabarnya :p Semoga bisa segera di tangan karena KTP saya yang sekarang udah rusak dan klo mau ganti juga tanggung.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

3 Comments on Proses Pembuatan e-KTP

  1. adam, kalo di kelurahan cideng sy tdk perlu mengantri lama dan prosesnya juga cepat..cuma yg saya bingung khan kpn jadinya?krn saya buatnya di bulan Oktober 2011..dan Desember 2011 KTP lama sy mati, saya minta perpAnjAgAn tp tdk dproses AlasAnya e-ktp akan jd bulan desember..akhirnyaa sy nurut dan ampe skrg blm jd dan status ktp saya mati..

    Suka

  2. dimana kita tahu bahwa e-ktp nya sudah jadi apa belum…
    soalnya pada lempar tangan semua mulai dari kantor camat sampai ke kepling.. apakah mereka semua tidak bisa membuat keputusan apakah sudah jadi apa belum?

    Suka

  3. ktp saya hilang , bagaimanakah cara menangulanginya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: