Iklan
My Journal

Saya Berkaca Dan Memperbaiki Diri

Musuh terbesar manusia adalah dirinya sendiri. Kadang secara tidak sadar kita bisa dijatuhkan oleh kelemahan diri kita sendiri. Terkadang pun kita tidak menyadari potensi apa yang ada di dalam diri kita. Lalu kepada siapa kita bisa bercermin dan menelaah kekurangan dan kelebihan kita?

Saya berterimakasih banyak kepada semua teman-teman saya, sahabat-sahabat saya, mereka yang telah bersedia memberikan cermin kepada saya melalui komentar mereka di halaman salam kenal. Mereka telah menunjukan kepada saya gambaran potensi yang baik maupun yang buruk yang ada pada saya berdasarkan pengalaman mereka berinteraksi dengan saya. Banyak hal yang menusuk, menampar saya, menyadarkan saya, dan membuat saya mampu untuk terus interopeksi diri. Kritikan, komentar, dan tanggapan yang ada benar-benar membangun saya membuat mata saya terbuka lebar. Mereka menunjukan letak kekeroposan dan juga kekosongan yang ada di dalam diri saya. Mereka juga membantu saya menemukan kekuatan yang ada pada saya. Tak ada tempat untuk berkaca diri yang lebih baik selain berkaca kepada kerabat kita, sahabat kita, dan lingkungan tempat kita berinteraksi.

Saya berjanji demi sahabat-sahabat saya yang telah mendukung saya untuk terus berusaha memerbaiki diri. Karena saya ingin bisa menjadi “seseorang” yang besar dan juga bermanfaat bagi semua. Inilah tangga pembelajaran. Karena nantinya, dibalik kekuatan yang besar tersimpan tanggung jawab yang lebih besar pula. Semakin tinggi pohon, semakin keras angin menghadang. Oleh karena itu saya harus terus belajar dan memperbaiki karakter. Untuk itulah saya tidak bisa sendiri. Sahabat-sahabat saya telah membantu saya berdiri sampai sini. Mereka yang mengingatkan saya ketika saya keluar jalur. Mereka yang menopang saya ketika saya jatuh. Maka dari itu saya belajar dan terus berkaca. Agar nantinya saya bisa membalas kebaikan dan perhatian semua sahabat saya dan  masyarakat di sekitar saya lebih besar lagi. Agar nantinya saya bisa berbuat banyak untuk dunia dan merubahnya menjadi lebih baik lagi.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: