My Journal

Merasakan Devcom Untuk Pertama Kali

Waktu tahun 2019 dan 2022 kita Gamescom, saya sama sekali gak kepikiran untuk ke Devcom. Ngapain jauh-jauh ke Jerman buat nonton conference, bayar pula, padahal goal utamanya adalah untuk mencari publisher. Tapi setelah 2022 merasakan datang ke Gamescom, lalu ke GDC, lalu ke Level Up KL, lalu ke IGDX, dan terus ke Gamescom Asia, saya menemukan satu hal yang juga gak kalah penting, yakni making new friends. Membangun jejaring. Dengan kita terus show up di berbagai event, kita akan akan punya kemungkinan untuk bertemu lagi dengan orang yang sebelumnya kita pernah ketemu, dan di pertemuan kedua, ketiga, dan seterusnya bond dan trust itu semakin kuat. That’s why untuk tahun ini saya merasa networking di devcom is a must! Dan gak hanya itu, ternyata ada orang-orang yang kita ingin temui yang dia cuma hadir di Devcom, tapi tidak di Gamescom. tahun 2022 pun gitu. Ada salah satu publisher ternama yang ngetweet “sini kalau mau pitching sama gw, gw ada di kafe ini seharian.” Tapi ternyata dia cuma di H-2 dan H-1 Gamescom, which itu pas Devcom, abis itu dia pulang. Dari situ saya melihat pattern orang-orang yang mau bisnis, mereka datang lebih awal dan pulang lebih awal.

Di Devcom sendiri isinya ada beberapa tipe event. Ada yang sifatnya keynote, ada talkshow, ada roundtable, ada workshop, dan ada booth-booth. Untuk tahu schedule nya ada apa aja, kita bisa pakai aplikasi buatannya Gamescom namanya GamescomBiz. Dulu tahun 2109 dan 2022, ini aplikasi lambat dan jelek banget UX nya. Agak kurang menarik untuk digunakan. Tapi tahun ini, aplikasi ini sudah lebih baik dan at least di devcom banyak yang pakai ini. Mereka pakai ini utamanya untuk liat jadwal rundown acaranya apa, tapi karena itu jadi mereka akan ngecek chat-chat yang masuk juga. Dengan aplikasi ini, kita bisa bookmarked mau ikut talk apa aja, dan mau setup meeting apa aja, dan otomatis masuk ke jadwal kita.

Untuk talk-talk nya sendiri saya cuma masuk ke beberapa, karena sisanya bisa ditonton on demand nanti beres dari acara. Saya masuk ke sesinya Celia Hodent, ke sesinya Horizon Forbidden West, dll yang nanti topiknya juga akan saya share di blog buat temen-temen yah. Tapi yang jelas fokus utama saya lebih ke meeting dan networking. Karena personal connection itu hanya bisa dibangun kalau kita ketemu secara langsung. Jadi yang paling mahal klo kita ke event kayak gini itu jejaringnya.

So, dalam beberapa hari ke depan, saya akan share lebih detik event-event dan talk-talk yang saya ikuti selama di devcom, lalu juga termasuk kegiatan di gamescom, dengan goal agar temen-temen yang someday akan kesana bisa lebih prepare dan yang tahun ini gak bisa ke sana bisa juga dapet ilmu dan insight dari Devcom dan juga Gamescom.

About Adam Ardisasmita (1373 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan komentar