My Journal

Apakah GamePass Akan Membunuh Perlahan Game Developer?

Xbox GamePass baru aja dikritik sama Sony klo itu merupakan service yang gak disukai oleh publisher. Ini nada yang mirip yang bilang kalau Spotify bikin menderita para musisi. Kalau dulu mereka berhasil ngejual kaset atau cd mereka sebanyak 1jt copy itu udah kaya raya, sekarang klo lagunya didenger 1jt orang di spotify cuma dapet receh-receh aja. Nah GamePass apakah bakal bikin game developer jadi miskin?

Menurut saya sih tergantung. Kalau misalkan approachnya kayak Spotify, dimana semua game dari day 1 akan ada di GamePass dan semua game tersedia di GamePass, tentu value dari game tersebut akan turun sekali. Tapi kalau approachnya kayak film, mungkin beda ceritanya. Di Film, ada bioskop dulu. Model bisnis yang premium dimana day 1 gak mungkin di streaming platform. Terus jeda-nya biasanya cukup lama sampai masuk ke streaming platform. Udah gitu, kalau di Film, layanan streaming platform ada banyak. Jadi satu film gak pasti ada di layanan streaming yang kita subcribe. Dan ada durasinya biasanya, film yang in dan out. Jadi kalau kita emang suka sama film itu, dan mau nonton terus, kita tetep akan pilih beli daripada nanti tiba-tiba hilang dari layanan streaming kita.

GamePass hari ini tuh mirip kayak di film. Gak semua game tersedia di GamePass. Klo gak salah terakhir cuma ada 200-300 judul apa di GamePass dan itu ratio game in dan out perbulannya masih cukup balance. Jadi sebenernya dengan konteks itu, masih ada kebutuhan dari user utk beli game nya di Microsoft Store atau Steam atau dimanapun klo dia emang suka dan pengen memiliki gamenya. Dan model ini gak cuma GamePass doang kok. Sony juga punya PS Plus yang mirip business modelnya kayak GamePass.

Jadi menurut saya, selama GamePass masih seperti yang sekarang dan ada Sony yang jadi kompetitornya (bahkan klo bisa ada lagi yang lain), harusnya bagi gamedeveloper masih aman yah. Terutama dengan structure deal GamePass buat indie, tentu bisa jadi satu channel untuk ngebawa game kita ke audience yang lebih luas.

About Adam Ardisasmita (1373 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan komentar