My Journal

Tidak Semua Tiket Pesawat “Refundable” Sama

Buat temen-temen yang mau pesen tiket pesawat jauh-jauh hari, paling aman pesen yang free refundable. Memang harganya akan sedikit lebih mahal, tapi kalau kayak kemarin pas covid gitu, kita gak tahu kan kapan kita kena covid. Bisa aja h-2 menjelang keberangkatan kita positif. Atau ketika kemarin ke Gamescom, harus bikin visa tapi belum tahu diapprove atau tidak visa nya dan harus udah booking tiket pesawat. Di momen kayak gitu, saya paling suka pilih tiket pesawat yang free refundable.

Tapi di sini harus hati-hati, karena term and condition tiap maskapai beda-beda. Saya akan sebut maskapai yang saya paling suka yakni Emirates. Kebijakan free refundablenya bener-bener free dikembaliin 100%. Karena saya belinya pakai kartu kredit, kembalinya 100% dalam bentuk kredit. Saya gak tahu klo bayarnya bank transfer gimana. Sama dengan Turkish Airline dan Korean Air. Itu juga 100% dikembalikan kepada saya tanpa nanya babibu atau syarat apapun.

Tapi ada beberapa maskapai yang gak begitu. Ada satu maskapai L yang dia itu syarat pembatalannya aneh. Hanya bisa dibatalkan di hari H keberangkatan. Pas Hari H saya coba cancel, proses dari website pemesanan hingga ke maskapainya kayaknya cukup lama sehingga saya dihitung no show dan hangus. Terus ada lagi satu maskapai M yang ini lebih rese lagi. Udah mana pembatalannya dilakukan karena dia yang tiba-tiba bilang penerbangan saya di jam itu dicancel. Jadi kan salah dia yah. Udah gitu refund nya dalam bentuk kredit voucher yang harus digunakan di maskapai yang sama. Untungnya, saya pesen penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai M ini via Garuda. Kalau Garuda sih pelayanannya top. Jadi terbang pakai garuda lagi its okay lah. Tapi tetep aja gak kayak Emirates, Turkish, ataupun Korean Air yang 100% bisa balik dalam bentuk uang.

Jadi pastiin lagi yah sebelum pesen tiket yang free refundable, dibaca baik-baik term and conditionnya. Jangan sampai udah bayar lebih mahal dari tiket normal, eh angus juga akhirnya.

Gengs jangan lupa subsrcibe di mailing list nya untuk dapet info tulisan-tulisan terbaru πŸ™‚

About Adam Ardisasmita (1277 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: