My Journal

Menggunakan Virtual Webcam Untuk Memakai Virtual Background

Fitur virtual background zoom sangat bermanfaat banget bagi kita yang kerja di tempat yang kurang proper untuk dilihat sama orang. Misal kalau saya kerja di kamar tidur, jadi kalau lagi nyalain webcam, bisa keliatan tuh lemari dan kasur di rumah. Belum lagi ada anak saya yang seliweran sana-sini. Dengan virtual background zoom, kita bisa membuat suasana kerja kita more professional lah. Tapi masalahnya gak semua meeting di zoom. Dan gak semua platform meeting punya fitur virtual background.

Contoh Google Meet. Baru ada sih mereka ngeluarin fitur blur background. Tapi kadang juga saya ada undangan meeting virtual atau webinar pakai platform lain kayak Tulula, Vmix, Streamyard, dan lain-lain. Nah itu gak semua memberikan kita keleluasaan untuk pakai virtual background. That’s why kalau saya sih ngakalinnya dengan Elgato Green Screen yah. Jadi at least bisa nutup background saya dengan layar hijau.

Buat kamu yang mungkin mengalami hal yang sama dan butuh virtual background, ada dua approach yang bisa dilakukan. Pertama yang paling simple yakni tanpa green screen dan yang kedua menggunakan green screen. Kedua teknik ini kita akan menggunakan teknologi yang bernama virtual webcam. Jadi cara kerja virtual webcam adalah dari kamera kita, akan ke sebuah aplikasi dulu, baru dari aplikasi itu muncul virtual webcam yang bisa kita pakai di Google Meet, Zoom, dan lain-lain.

Untuk yang tidak pakai green screen, kamu bisa coba X-Split atau Snapcam. Kedua aplikasi ini memiliki fitur untuk membuat virtual background tanpa perlu green screen. Bahkan klo snapcam ditambah dengan filter-filter unik dari Snapchat yang bikin tampilan kamu makin nendang. Nanti ketika kamu join webinar atau meeting, kamu tinggal ganti source camera kamu dari webcam ke virtual webcam (namanya bisa snapcam atau bisa aplikasi apapun). Cuma memang pasti hasilnya gak akan rapih banget yah, apalagi klo kamera dan lighting kamu kurang nice.

baca juga : Tips Menggunakan Green Screen Untuk Virtual Background

Opsi kedua adalah yang menggunakan greenscreen. Kalau ini kamu bisa pakai OBS atau kalau saya pakai eCamm Live. Dengan aplikasi ini, kamu bisa lebih leluasa mengatur background kamu. Semua yang warna hijau, akan berubah otomatis jadi background. Tentunya kalau pakai greenscreen, pastikan juga setupnya bener yah dari sisi pencahayaannya. Saya selama ini pakai eCamm Live sebagai virtual webcam saya. Dengan eCamm, saya bisa ganti background, bisa cropping ukuran muka saya, hingga bisa atur tampilannya seperti brightness, contras, dll. Saya sangat menyukai eCamm live, mungkin nanti saya akan review terpisah lebih dalam tentang eCamm Live yah.

Semoga dengan tips ini, kamu bisa menggunakan virtual background dengan mudah di platform apapun. Selamat mencoba.

About Adam Ardisasmita (1207 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: