My Journal

Review Baby Monitor Offline Yang Super Murah, VB601

Bagi para orang tua yang punya anak, terutama yang anaknya masih kecil, biasanya perlu memiliki baby monitor agar kalau malam hari anaknya kebangun dan menangis, kita bisa langsung cek kebangun kenapa. Sebenarnya di rumah saya pakai produk CCTV yang bisa konek ke internet dan bisa dilihat langsung dari smartphone. Tapi menurut saya, smartphone bukan tools yang paling ideal sebagai monitor. Hal tersebut dikarenakan untuk memonitor suara di kamar anak, kita harus menyalanakan aplikasi tersebut di background. Belum lagi kalau smartphone kita lagi digunakan untuk hal lain seperti nonton atau main game, tentu akan mengganggu proses monitoring kita.

Untuk mengatasi masalah background apps, maka saya memutuskan untuk menggunakan baby monitor yang konvensional yakni via gelombang radio untuk menampilkan gambar dan suara. Tapi kalau begitu, jadi gak bisa dilihat via cloud dari jarak jauh dong? Kalau untuk case monitor anak, rasanya gak masalah toh cuma dipakai untuk malam hari ketika anak tidur. Dan lagi rasanya akan lebih aman kalau aktivitas di dalam rumah tidak terekam oleh cloud karena faktor privacy. Akhirnya setelah memutuskan untuk mencari baby monitor konvesional, saya cari-cari review di youtube dan di eCommerce.

Ternyata yang konvensional malah lebih mahal dibandingkan CCTV. Klo CCTV itu start harganya dari 300rb-an, baby monitor ini startnya dari 1-2jt an. Hingga akhirnya di Tokopedia saya sampai ke produk baby monitor yang harganya mirip dengan CCTV dan menggunakan gelombang radio. Cuma memang merk nya gak jelas dan gak pernah ada di review top baby monitor dimana-mana. Akhirnya karena faktor value of money nya paling oke, saya coba cari review baby monitor ini di Youtube dan menemukan ternyata ada yang buat reviewnya walaupun bukan di Indonesia. Tapi kalau dilihat dari seri dan fisiknya sih sama persis kayak yang ada di Tokepdia.

Dari review-nya sih nampak oke yah. At least memenuhi kebutuhan yang saya perlukan. Akhirnya saya pun memesan online Baby Monitor dengan merk VB601. Sepertinya itu yah merk nya hahaha abis nampak tidak begitu jelas yang mana merk nya. Begitu sampai, proses instalasinya sangat mudah. Kita hanya perlu pairing antara layar monitor dengan kameranya, lalu kameranya tinggal di taro aja di kamar anak, menghadap ke kasurnya.

Pengalaman saya menggunakan VB601, yang saya suka adalah fitur always on nya karena gak perlu running on background di smartphone. Jadi ketika kita sedang beraktivitas pun bisa dengan nyaman memonitor apakah anak kebangun dari tidurnya atau tidak. Lalu yang saya suka juga adalah fitur untuk ngomong dua arah, jadi selain saya bisa denger suara di kamar anak, saya juga bisa ngomong langsung ke kameranya. Ini dipakai ketika anak kebangun dan kita mau ngajak dia tidur lagi dari jauh. Memang kekurangannya ada di kualitas gambarnya. Videonya sangat low resolution dan LCD untuk menampilkan gambarnya sangat tidak hi-res. Tapi itu bagi saya sangat minor mengingat yang lebih utama adalah audionya yang perlu menangkap suara ketika anak terbangun dan menangis. Suaranya pun sangat keras dan sensitif. Jadi gak mengurangi esensi dari baby monitornya. Ada fitur gimmick-gimmick juga seperti bisa menyalakan lullaby di kamar anak, tapi itu fitur yang gak pernah saya pakai juga sih.

So far, saya merasa ini merupakan produk yang best buy banget antara harga dan fitur. Tapi balik lagi, ini tidak memiliki fitur cloud yah, jadi gak bisa dipakai untuk memantau aktivitas anak dari jarak jauh. Kalau tujuannya untuk memantau dari jauh, lebih pas beli kamera CCTV dibandingkan baby monitor.

About Adam Ardisasmita (1180 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: