Iklan
My Journal

Impresi Samsung Galaxy S10, Flagship Android Tercanggih Tapi Tanggung

Halo para pembaca setia blog Ardisaz. Baru aja tadi pagi dini hari Samsung mengadakan keynote untuk mengumumkan produk-produk terbarunya. Tapi yang paling jadi sorotan masyarakat adalah generasi terbaru dari Galaxy S yakni Galaxy S10. Saya semalem sampai begadang pengen liat seperti apa keynotenya. Sebelum kita bahas handphonenya, menurut saya keynote-keynote jaman now itu kayak kaku banget. Keliatan kayak ngapalin tiap kalimat, ngapalin gestur tangan, musti gerak kemana, dan lain-lain. Jadi gak kerasa ada energinya dan kayak ngeliat robot aja gitu. Malah pas di tengah-tengah keynote, ada orang Verizon naik dan speak bentar, keliatan lebih energetik dan gak yang mukanya sambil mikir gimana gitu. Terus juga berkali-kali ada zonk moment dimana mereka ngomong satu kalimat yang mereka expect ada tepuk tangan, terus gak ada yang tepuk tangan atau sepi gitu, terus mereka tepuk tangan sendiri. Hahahaha Menurut saya bukan karena fiturnya gak keren yang diumumkan, tapi karena ngomongnya kayak mikir dan gak ada energinya gitu, penonton juga jadi gak kebawa atmosfir kerennya. Sayang aja sih. Hehehe. Tapi kita coba bahas yuk device-device apa aja yang diumumkan tadi pagi.

Telpon Lipat Samsung

Sebelum masuk ke topik tentang Galaxy S10, pertama-tama ada topik dimana mereka cuma ngumumin ada Galaxy Foldable, telpon lipatnya Samsung. Honestly menurut saya itu masih jauh dari ready yah. Mereka cuma kasih liat ada layar, bisa dilipet, bisa dibuka, gitu-gitu deh. Tapi gak ada reviewer yang bisa megang langsung perangkatnya jadi yaaa masih belum tahu juga bakal sebagus apa. Premisnya sih menarik yah buat orang yang pengen punya handphone dan tablet di satu device. Lalu juga ini cara Samsung nunjukin kalau mereka masih terus berinovasi dan push the limit gak kayak Apple yang keliatan makin stagnan. Asalkan bisa dieksekusi dengan baik, mungkin foldable phone bisa jadi the next big thing. Until then, saya sih masih ragu hehehe

Galaxy S10, S10 Plus, S10e, dan S10 5G

Hari ini Samsung announce ada tiga lini Samsung Galaxy S10 dan satu lini Galaxy S10 yang agak spesial. Yang tiga sih bakal bisa dibeli starts from 8 Maret ini yah. Tapi yang 5G masih belum ada kejelasan kapan. Terus ada tiga lini S10 ini bener-bener nunjukin klo Samsung mau head to head sama iphone. Si S10e vs iPhone XR, S10 vs Iphone XS, S10 Plus vs iPhone XMax. Honestly saya udah gak ngikutin keynote Apple lagi yah jadi gak begitu mikirin ada apa di iPhone :p Tapi menurut saya positioning S10 ini cukup menarik.

Saya fokusnya ke fitur-fitur unggulan S10 dan S10 Plus dulu yah. Fitur apa aja yang mereka berdua sama-sama miliki yang menurut saya cukup revolusioner. Nanti belakangan saya coba bahas yang lainnya yang Samsung umumkan yang kira-kira menarik juga.

Ultrasonic Fingerprint

Buat saya, ini adalah fitur paling keren yang ada di S10. Kenapa? Karena selama ini saya pakai Samsung, fingerprintnya di belakang. Agak aneh aja klo mau unlock. Belum lagi klo lagi di docked hp nya di mobil, susah unlocknya. Retina scan? Ah masih jauh dari FaceId nya Apple jadi gak begitu nyaman. Ujung2nya saya pakai metode jaman purba lagi masukin pass code.

Fingerprint di balik layar ini adalah sebuah inovasi yang sudah saya nanti–nantikan. HP-HP lain udah ada kok fitur itu. Cuma yang menarik, teknologi yang digunakan Samsung jauh lebih advance dari HP lain. Kenapa? Karena HP lain untuk ngedeteksi fingerprint, itu pakai optical. Caranya adalah mereka nyalain bagian jempol kita nempel ke layar dengan cahaya yang terang banget, based on cahaya itu mereka baca sidik jari. kalau Samsung, dia pakai gelombang ultrasonic yang nanti dipantulkan balik ke sensor. Kenapa gelombang Ultrasonic ini revolusioner? Kalau yang optical, itu bakal ganggung banget kalau kita mau unlock hp malem-malem, jadi silau gitu. Terus juga, kondisi cahaya di sekitar HP akan mempengaruhi kebaca atau enggaknya jari kita. Dan lagi, kita harus tap dulu hp kita agar awake baru bisa scan. Kalo ultrasonic, mau malam, siang, gelap, terang, kapanpun, bisa tinggal scan dengan cepat. Ini saya nunggu sih review nya bener gak bisa gitu :p

Kalau yang S10e, dia gak ada ultrasonicnya. Fingerprint scannya dipindah ke samping.

Tiga Kamera

Buat orang yang berbeda mungkin prioritasnya juga beda-beda yah. Tapi klo buat saya, kamera itu sangat penting. Nah di S10, mereka pakai 3 kamera. Rata-rata handphone jaman now pakai 2 kamera, satu kamera biasa satu kamera tele. Ini biar bisa bikin efek bokeh2 gimana gitu. Nah kamera ke-3 ini isinya wide. Jadi kamu gak perlu mundur jauh pun, bisa capture pemandangan lebih luas. Ini oke banget loh untuk banyak kasus misalkan mau foto grup atau mau foto pemandangan.

Terus sebenernya ada satu lagi, si S10 5G version, dia ditambahin sama kamera belakang yang bisa deep sensing. Ada sensor untuk ngebaca kedalaman yang fungsinya bisa untuk 3D scanner. Wah ini nanti kalau AR udah mainstream, pasti bakal berguna banget.

Terus di kamera depan, S10 ada satu kamera biasa dan S10 plus ditambah lagi ada satu kamera tele. Yaaaa biar selfie-selfie lebih asik lah. S10e sih yang kasian. Kamera belakangnya cuma dua :p fufufuf

Ngomong-ngomong kamera yah, ini agak gimmick sih, tapi di dalam pengaturan mode kamera, ada mode kamera instagram dimana kamu bisa langsung kirim ke ig story atau feed beserta filter dan stiker2nya. Yaa bolelaah

Fitur Gimmick Lainnya

Saya bilang gimmick bukan karena ini gak bagus yah, tapi karena buat saya biasa aja. Kayak wireless fast charging, oke lah. Dari S10 kita bisa jadi charger pad buat HP lain atau perangkat lain, gak akan kepake sih :p Infinity display with laset cutting infinity o, ganggu klo buat saya. hahaha Saya mending di blackbar-in aja terutama klo buat main game dan nonton film. Terus apa yah? Sisanya sih spec bump biasa. Ram jadi 6 giga up to 12 giga. Men, buat apa RAM 12 giga -_- Internal Storage dari 128 up to 1TB, ini inovasi sih. Lu punya HP 1TB SSD itu ganas banget. CPU GPU di upgrade ya wajar lah. Udah sih kayaknya itu fitur.

Jangan Beli Dulu, Nanggung

Buat kamu yang usia HP nya udah lebih dari 2-3 tahun dan udah gak bisa berperfoma dengan baik. Silahkan kalau perlu ganti ke S10 ini. Jelas ini spec wise dan feature wise nice banget. Tapi kalau kamu pakai S9 atau S8 yang masih prima, tahan dulu deh, tanggung.

Kenapa nanggung? Karena ini kan kita bentar lagi masuk ke era 5G yah. Feeling saya sih di 2019 akhir, atau paling telat 2020 lah, semua udah 5G-an pasti. Abis ini saya yakin siapapun yang ngerilis HP, oneplus lah, Oppo, Huawei, Iphone, dll, pasti bakal nyiapin diri buat versi 5G. Dan biasanya, untuk teknologi baru, generasi pertama itu masih kurang oke. Jadi klo misalkan Galaxy S10 5G nanti udah rilis, paling yang 5G yang udah mature bakalan di Galaxy S11 atau kalau enggak di Galaxy Note 10 lah. Kalau kamu beli S10 sekarang, apalagi yang 4G, ya artinya nanti kalau udah 5G mainstream, kamu musti ganti HP lagi kan?

Kenapa 5G ini menarik dan bakal revolusioner? Selain karena dia bisa lebih cepat internetan (20 kali lebih cepat dari 4G), 5G ini stabil walaupun ada banyak sekali device yang terkoneksi dalam satu waktu. Konteksnya adalah gak hanya ke HP kamu, tapi juga perangkat wearable dan IOT lainnya yang nanti bakal 5G based semua. Kalau emang pengen banget beli, mending yang Galaxy S10 5G sekalian biar investnya untuk 2-3 tahun ke depan aja. Eh tapi klo di Indo gak tahu sih bakal secepat apa adopsi 5G nya yah hahaha

Dan saya sesungguhnya agak bingung ya positioning S10 plus. Kayaknya dari pada S10 plus, mending nunggu Notes 10 aja gak sih? Gimana menurut kamu? Galaxy S10 ini patut dipertimbangkan gak? Apakah kamu lebih tertarik S10e, S10, S10 plus, S10 5G, atau jangan2 ngincernya yang Galaxy Foldable 😀

Iklan
About Adam Ardisasmita (1148 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: