Iklan
My Journal

Game Sebagai Alat Untuk Memecahkan Masalah

Ketika kita bermain game, hal utama yang akan kita cari dan alami adalah mendapatkan kesenangan (entertainment). Tak hanya itu, game bisa didesain secara khusus tidak hanya berfungsi hiburan saja. Ada purpose khusus di dalam sebuah game yang digunakan untuk membawa pesan atau objektif tambahan. Misal, di Arsa Kids, game tidak hanya entertaining tapi juga educating. Atau di Arsanesia, game tidak hanya entertaining tapi juga harus mampu menjaga kekayaan budaya Indonesia.

Konsep game yang dibuat dengan tujuan tambahan selain entertainment sering disebut dengan nama serious game. Di negara maju yang sudah melek terhadap potensi serious game, berbagai sektor industri dan problematika mampu diatasi dengan solusi berupa game. Contohnya adalah untuk edukasi, untuk training, untuk branding, dan lain-lain.

baca juga : Tentang Arsa Kids, Pendidikan dan Teknologi

Dengan kemajuan teknologi seperti Virtual Reality atau Augmented Reality, peran game bisa menjadi lebih besar lagi dalam menjadi media untuk memecahkan permasalahan yang ada di dunia nyata. Penggunaan teknologi imersif ini bisa membantu sektor militer atau penerbangan, membantu sektor kesehatan, property, pendidikan, dan banyak lainnya. Tinggal bagaimana kita sebagai creator bisa melahirkan ide kreatif dan inovatif untuk menjawab permasalahan yang ada di Indonesia.

Pada tulisan kali ini, saya ingin mengajak teman-teman pembaca blog ini untuk kita brainstorming bareng-bareng yuk. Coba aktifkan berbagai panca indera kita ketika menjalani hari dari pertama membuka mata di pagi hari, lalu menjalani aktivitas sehari-hari, hingga akhirnya mematikan lampu dan memejamkan mata. Kira-kira, game seperti apa yang mampu menjadi solusi untuk membenahi masalah tersebut.

Contoh game Streel Pong

Contoh game Street Pong

Saya akan coba ambil beberapa contoh simpel yang sudah ada. Ada sebuah game yang dibuat untuk bagi pejalan kaki yang ingin menyebrang dan sedang menunggu di lampu merah. Sembari menunggu lampu untuk boleh menyebrang menyala, pejalan kaki ini bisa bermain di lampu lalu lintas dengan pengguna jalan lainnya di seberang jalan. Jadi sudah ada layar di tiang lampu lalu lintas tersebut yang memungkinkan mereka untuk bisa bermain sambil menunggu.

baca juga : Membuat Software Sebagai Solusi

Contoh lain, banyak orang yang lebih suka naik eskalator/elevator dibandingkan naik tangga. Padahal berjalan bisa membantu agar seseorang bisa menjadi lebih sehat. Untuk itu kita bisa membuat game dimana tangga yang diinjak bisa menghasilkan musik. Para pejalan kaki bisa bermain dan bersenang-senang di tangga tersebut, bahkan bisa berkolaborasi untuk menghasilkan lagu yang sedang hits.

contoh tangga yang ada unsur game musik di dalamnya

contoh tangga yang ada unsur game musik di dalamnya

Jadi salah satu keunggulan game adalah kita bisa menambahkan unsur fun ke dalam kegiatan yang mungkin pada kenyataannya membosankan, seperti menunggu lampu hijau untuk menyebrang atau menaiki anak tangga. Dengan desain game yang kreatif, kita bisa membuat hal yang tidak menyenangkan menjadi menarik. Apalagi ditambah berbagai teknologi yang bisa membuat pengalaman bermain game bisa menjadi lebih luas.

Untuk itu, saya ingin mencoba mengajak kamu yang lagi baca tulisan ini untuk iseng coba mencermati lebih detil hal apa yang kamu lalui dalam satu hari dan hal apa yang paling membuat kamu merasa kesal, bosan, atau merupakan sebuah masalah yang mengganggu. Lalu kita coba membayangkan, kalau kita bisa membuat game untuk memecahkan hal tersebut, pasti akan membuat hidup kita menjadi lebih nyaman. Coba kalau ada ide, bisa tinggalkan cerita atau ide atau masalah kamu di kolom komentar atau bisa japri ke saya langsung. Kalau idenya menarik, mungkin kita bisa kembangkan solusi tersebut secara real 🙂 Seru kan? Yuk share ide kamu.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: