Iklan
My Journal

Berapa Jumlah Studio Game di Indonesia?

Saya sudah menjadi game reviewer dan penulis di Trenologi lebih dari setengah tahun. Sepanjang itu pula, saya mengamati dan mencatat setiap ada game baru yang diluncurkan oleh developer game di Indonesia. Lalu ketika melihat daftar game yang pernah saya review, muncul pertanyaan, ada berapa sih studio game di Indonesia?

Kita ada Asosiasi Game Indonesia yang sebenernya menaungi industri game di Indonesia. Sayangnya, tidak semua studio game bisa (atau sudah) bergabung sebagai anggota asosiasi tersebut sehingga sulit mencari data faktual melalui asosiasi.

Lalu ada juga komunitas GameDev ID yang merupakan komunitas pengembang game terbesar di Indonesia. Ada 7.500 anggota tergabung di dalamnya. Di sini juga sulit didapatkan data akurat tentang jumlah studio game di Indonesia karena grup ini sangat heterogen dan terbuka sehingga semua orang bisa dengan mudah bergabung. Dari yang mendaftarkan diri sebagai studio game juga tidak bisa divalidasi apakah dia beneran bikin game atau cuma punya prototype yang bertahun-tahun gak selesai-selesai :p

baca juga: Budaya Berbagi Untuk Memajukan Ekosistem Industri Games

Akhirnya saya coba untuk menghitung studio game di Indonesia berdasarkan karyanya dari list artikel review yang sudah pernah saya buat selama setengah tahun ini. Jika ada yang tidak merilis game dalam setengah tahun ke belakang, saya melihat track record dan eksistensinya di ekosistem (event, meetup, acara komunitas, dll). Dari hasil pengamatan itu, akhirnya saya mendapatkan total jumlah game developer atau studio game di Indonesia terhitung setengah tahun ke belakang ada 90 studio game.

jumlah game developer atau studio game di Indonesia ada 90 studio game (terhitung setengah tahun ke belakang)

Angka 90 studio game itu sekitar 1/3-nya merupakan developer yang usianya lebih dari 2 tahun. 1/3 lainnya adalah game studio yang kurang dari 2 tahun dan cukup konsisten meluncurkan karyanya (baik dari kuantitas ataupun kualitas). Lalu 1/3 sisanya saya rasa sudah bubar atau memang tidak serius ingin menjadi studio game profesional.

Ke depan saya ingin membuat sebuah rekap atau booklet kecil studio game yang ada di Indonesia agar ketika orang ingin tahu developer lokal, informasinya bisa diakses dengan mudah. Dan saya juga akan menyaring tidak semua studio game akan saya rekap agar listnya lebih akurat dan faktual. Tapi itu nanti lah, sekarang kebetulan saya lagi super sibuk dan banyak banget kerjaan jadi harus nunggu waktu yang bener-bener senggang untuk itu. Ditunggu saja yah 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: