Iklan
My Journal

3 Hal Yang Berkesan Dari Kehidupan Di Asrama

Siapa di sini yang pernah tinggal di asrama? Kebetulan dulu saya SMA-nya di MAN Insan Cendekia Serpong dimana semua siswa-siswinya wajib untuk tinggal di Asrama. Tentu ini merupakan pengalaman unik yang amat sangat berkesan yah.

Tinggal di asrama dengan satu kamar isi empat kasur (dua kasur tingkat). Ada fasilitas empat lemari, empat meja belajar, dan satu buah kamar mandi. Selama tiga tahun tinggal sekamar berempat (walaupun tiap tahun beda kamar dan temen sekamar), pasti meninggalkan pengalaman yang berkesan.

Nyelundupin HP/Laptop ke Asrama

KBMdiKelas

Gak boleh yah bawa HP ke sekolah! Jangan ditiru

Yang paling berkesan adalah kucing-kucingan bawa HP/Laptop. Selama tinggal di asrama gak boleh bawa HP atau Laptop. Jadilah biasanya anak-anak yang kelas 3 (mungkin karena udah tau celah2nya) pada mulai bandel bawa HP/Laptop. Cara nyembunyiinnya pun kreatif-kreatif. Dulu saya pernah nyimpen HP di dalam gitar listrik saya yang perlu dibuka pake obeng, pernah juga nyimpen HP di dalam boneka yang bisa dibalik sisinya dan ada resletingnya.

Terkait boneka ini, pernah suatu ketika karena takut razia, saya bawa ini boneka (beserta HP di dalamnya) ke kelas. Pas di kelas, biasa lah ada soal di papan tulis dan siswa ditunjuk buat ngerjain soal di depan. Kebetulan saya yang disuruh maju. Pas lagi ngerjain, Pak Gurunya iseng duduk di kursi saya, dimana di atas meja ada boneka tersebut. Beliau megang boneka saya sambil komentar “ngapain bawa boneka ke kelas.” Saya ngerjain soal di depan jadi super gak fokus deg-degan klo ketauan ada HP-nya. walaupun akhirnya gak ketahuan juga :p

Pernah nyaris ketahuan pas lagi apel, ngantongin HP, eh tiba-tiba ada razia dadakan gitu. Secara kilat, saya langsung pindahkan posisi HP pas gak ada yang ngeliat dari kantong ke dalam sepatu saya. Sehingga dari tempat apel ke kelas jalannya agak pincang2 karena ada HP-nya di dalem sepatu.

Pernah juga kerazia HP dan laptopnya gara-gara saya di hari pas kebetulan ada razia itu, pas banget kebetulan lupa ngunci kedua barang tersebut di dalem koper. Padahal biasanya tiap hari selalu saya kunci, gak pernah lupa. Sekalinya lupa, pas ada razia :p hehehe

Temen Sekamar yang Beragam

Layout kamar yang kecil tapi dipake berempat :D

Layout kamar yang kecil tapi dipake berempat 😀

Empat orang dengan kepribadian yang beragam berada dalam satu kamar, pasti banyak cerita-cerita seru bersama temen sekamarnya. Yang paling berkesan adalah pas kelas 2 pas kebetulan sekamar pada gak cinta kebersihan semua dan pada males-males. Hahaha

Kamar kita berempat rajin masuk ke daftar kamar terkotor. Terus berempat ini juga rajin kena hukuman lari keliling lapangan gara-gara telat bangun buat ke mesjid. Dan yang paling heboh kalo pas berangkat sekolah, pasti kita baru mandi mepet-mepet pas mau apel. Kamar mandi cuma satu, udah menjelang waktu apel, terkadang malah harus numpang kamar sebelah buat mandi karena kita pada ngantri buat mandi.

Untungnya pas kelas tiga dua teman sekamar saya lumayan rajin. Ada yang tiap pagi pasti nyapu kamar :p Jadi seenggaknya gak masuk ke list kamar terkotor lagi. Hehehe

Hiburan di Asrama yang Seadanya Bikin Kita Kreatif

Selalu ada aja kegiatan tiap weekend

Selalu ada aja kegiatan tiap weekend

Berhubung kita gak bisa menghabiskan waktu di luar sekolah untuk hangout di mall layaknya anak-anak SMA pada umumnya, jadilah waktu kosong ya dihabiskan di asrama. Untuk mengusir kebosanan, ada aja kegiatan atau acara yang kita lakukan. Biasanya OSIS mengorganisir acara juga sih. Tapi kalau lagi gak ada acara OSIS, banyak aktivitas unik yang biasa kita lakukan

Yang pertama adalah nonton TV. Jadi TV di asrama masing-masing lantai digembok dan hanya dibuka di jam/hari tertentu. Nah tiap weekend, ada divisi OSIS yang keluar asrama buat nyewain kita DVD untuk ditonton di TV buat hiburan saking bingung mau ngapain klo lagi nganggur.

Lalu hiburan lainnya adalah olahraga. Tiap minggu ada pertandingan liga sepak bola yang disebut liga bagus. Ini udah kayak liga-liga di eropa loh. Soalnya ada manajer klubnya sampai ada sesi transfernya :p Tiap akhir musim, kita bisa beli/jual pemain ke club lain. Saya dulu sempat di klub namanya TNT, lalu pindah ke Scratch, dan akhirnya menjadi pemain di Blazer. Hehehe

Selain itu masih banyak hiburan lainnya seperti main di lab komputer, ngeband di studio, atau sekedar minjem komik punya temen. Di Asrama inilah wawasan perkomikan saya semakin terbuka dari yang biasanya cuma baca Doraemon sama Dragon Ball jadi kenal banyak judul yang menarik.


Mungkin masih banyak yah hal berkesan lainnya dari tinggal di Asrama yang gak bisa saya ceritakan satu-satu, mulai dari beli sendal yang beda merk antara yang kanan dan kiri biar gak ilang di klepto orang, selalu dibawain makan siang dari kantin sama temen sekamar kalo kita lagi sakit, adegan ngumpet-ngumpet di kamar kosong di asrama (kita sebut chamber, mungkin dari chamber of secret), dan masih banyak lainnya. Ada juga sih yang positif kayak yang belajar bareng, gitu-gitunya, tapi biasanya lebih berkesan yang negatif dan aneh2nya kan :p

sumber gambar

kaskus

blog Ayu Rahmawati

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

4 Comments on 3 Hal Yang Berkesan Dari Kehidupan Di Asrama

  1. cvnadagroup2017 // 25/06/2015 pukul 10:07 am // Balas

    good blog

    Suka

  2. Wah asik juga ya tinggal di asrama. Saya waktu stm kost. Satu tempat kost banyak kamar, satu kamar diisi dua orang. Walau dua orang tapi beda kepribadian, jadi ada aja hal yang gak cocok.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: