Iklan
My Journal

Mengurus Pembuatan eFin Untuk Lapor SPT Pribadi yang Super Cepat

Seperti biasa, setiap tahun kita harus melaporkan pajak penghasilan yang kita bayarkan. Nah biasanya kalau lapor pajak gini kan ngisi form dulu di kantor pajak, antri sana-sini, pokoknya ribet. Nah dari beberapa tahun lalu tuh sebenernya udah bisa kalau mau lapor online. Tapi untuk bisa lapor online, kita butuh punya nomer eFin yang dipakai untuk ID kita secara online.

Berhubung saya bikin NPWP berbeda dengan alamat saya saat ini, saya pikir males juga yah klo harus ke tempat asal saya cuma buat minta eFin. Belum lagi yang dibayangan saya perlu antri sana sini, belum tentu sehari beres, pokoknya yang dibayang udah males banget deh.

Lalu gak sengaja saya lihat di path teman saya ada yang bilang abis bikin eFin. Saya tanya harus bikin di alamat NPWP atau tidak, katanya bisa dimana saja kok. Lalu juga ternyata katanya prosesnya cepat, cuma 15 menit. Wah, untuk ukuran ngurus-ngurus administrasi di Indonesia, 15 menit itu super kilat.

Akhirnya saya coba deh iseng ngurus eFin di Kantor Pelayanan Pajak Serpong. Pertama, itu kantor pajak parkirannya luas banget. Soalnya sekalian sama ada Samsat dan PLN sih yah di situ, jadi harus bisa menampung banyak orang. Terus kan saya masuk, langsung nanya mau bikin eFin dimana. Saya ditanya mau pribadi atau kolektif. Saya jawab pribadi. Katanya langsung aja ke lantai dua.

Petugasnya banyak jadi antriannya cepet

Petugasnya banyak jadi antriannya cepet

Di lantai dua, saya tanya lagi ke sapam mau bikin eFin sebelah mana. Ditunjukin deh ke meja panjang yang ada sekitar empat petugas di situ. Katanya ke sana aja isi form. Saya datengin, dikasih form buat di isi. Cuma isi nama, alamat, nomer NPWP, dan nomer KTP. Terus saya balikin lagi form tersebut. Gak lama, gak sampai lima menit, saya sudah dipanggil dan dapet eFin-nya. Sempet terbengong dulu sih mencoba mencerna waktu petugasnya bilang “bang, ini udah jadi yah eFin-nya, bisa langsung registrasi. Di rumah juga bisa kok registrasinya.” Wow. Cepet banget.

Jujur pengalaman tahun lalu mengurus SPT Perusahaan yang belibet ini bikin saya sudah trauma dengan kantor pajak. Sejak kapan ngurus pajak jadi super lancar gini. Petugas pajaknya ada banyak banget yang standby, pada ramah-ramah dan helpfull, pokoknya beda banget dengan yang di bayangan saya. Hahaha. Apa beda tempat beda kualitas layanan saya juga kurang tahu yah. Udah lama juga gak ke kantor pajak di alamat saya yang lama ataupun di Bandung.

Sudah dapet eFin, tinggal register aja nanti di web. Saya belum register dan belum lapor sih. Nanti deh klo udah berhasil saya post lagi di blog gimana step by stepnya. Yang jelas, bikin eFin bisa dimana aja dan prosesnya kilat 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

5 Comments on Mengurus Pembuatan eFin Untuk Lapor SPT Pribadi yang Super Cepat

  1. alur yang disampaikan dalam peengurusa bikin eFin utk lapor SPT pribadi sangat jelas dan lengkap, memberikan edukasi ke masyarakat, trima kasih salam kenal
    -arma-

    Suka

  2. sangat membantu
    untuk lapor spt saat ini
    terima kasih ya

    Suka

  3. semakin mudah
    untuk lapor spt online sekarang
    terima kasih infonya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: