My Journal

(Update) PS4 Dan Nintendo Switch

Jadi saya dulu pernah bimbang dan galau memilih apakah mau beli console Play Station 4 atau Nintendo Switch. Lalu di postingan tentang proses pemilihan tersebut, saya pun menjatuhkan pilihan ke PS4. Kala itu, mindset saya masih menganggap PS4 dan Switch berada dalam satu spectrum yang sama. Membeli PS4 merupakan keputusan yang sangat memuaskan mengingat saya jadi punya game favorit all time baru yakni Horizon Zero Dawn dan bisa menikmati banyak genre game populer yang selama ini tidak bisa mencobanya.

baca juga : Pilih PS4 Atau Nintendo Switch?

Tapi sepanjang perjalanan, dengan kondisi anak masih belum bisa tidur nyenyak di malam hari dan TV berada di kamar tidur kami, mencari waktu untuk bisa bermain PS menjadi lebih susah. Pada akhirnya, jarang sekali saya bisa menyentuh PS saya walopun ada banyak sekali game yang ingin dimainkan. Karena game-game di PS itu tipikal yang kita harus mendedikasikan waktu kita dengan slot 1-2 jam minimal untuk mengikuti jalannya cerita.

Lalu pada suatu ketika, saya berkesempatan untuk meminjam Nintendo Switch. Saya main beberapa game populer di Switch seperti Zelda BOTW, Smash Bros, hingga game-game indie seperti Stardew Valley di Nintendo Swtich, saya langsung merasakan kesan yang berbeda. Game-game di Switch ini tipikal game yang bisa dimainkan di sela-sela waktu kita, gak perlu invest waktu lama untuk satu sesi bermainnya, dan yang paling pamungkas adalah portabilitynya.

Berhubung saya banyak traveling, saya jadi bisa menghabiskan waktu di pesawat, kereta, atau di travel dengan bermain game. Di saat di rumah pun, ketika malam hari sebelum tidur, saya juga bisa memainkan switch dengan mudah. Ini yang membuat pada akhirnya saya memutuskan untuk memiliki switch juga. Saya sudah menghabiskan lebih dari 200 jam bermain Minecraft dan Animal Crossing di Switch yang notabene permainan yang relaxing dan laid back. Saya pun menggunakan Switch untuk olahraga dengan game Ring Fit dan Just Dance. Di saat jam kerja dan lagi mau refreshing sebentar, saya langsung ambil switch saya, main 5-10 menit, terus bisa lanjut kerja lagi. Itu adalah hal yang gak bisa dilakukan di console lain.

Lalu bagaimana dengan PS saya? Semenjak anak saya sudah pindah ke kamar sendiri, saya bisa lebih khusuk main game di malam hari. Jadi sekarang malam hari adalah jatahnya saya memainkan game-game yang full immersive dengan grafis tinggi, tipe game yang berbeda dengan yang ada di Nintendo Switch. Jadi menurut saya agak susah compare antara Switch dengan PS karena tipe game dan cara bermainnya berbeda.

About Adam Ardisasmita (1173 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Comment on (Update) PS4 Dan Nintendo Switch

  1. Terima kasih gan atas informasinya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: