Iklan
My Journal

Goodbye Uzumaki Naruto

Naruto adalah satu dari sekian banyak karakter yang menemani saya tumbuh besar. Chapter pertama Naruto muncul di tahun 1999, ketika saya masih duduk di bangku SD. Kini setelah 15 tahun, chapter ke 700 menutup kisah panjang Uzumaki Naruto. Akhirnya seri Naruto ini berakhir sudah.

Cerita Naruto ini menurut saya punya banyak sekali pesan moral yang positif, terutama mengenai kegigihan serta cita-cita. Naruto mungkin mirip dengan kebanyakan dari kita yang punya cita-cita tinggi, namun diremehkan oleh lingkungan sekitarnya. Kita harus bangkit dengan kekuatan kita sendiri untuk bisa terus mengejar mimpi yang sudah kita tetapkan di awal. Semangat dan kegigihan ini yang menurut saya menjadi hal paling penting yang sudah diturunkan dari karakter Naruto kepada para pembacanya.

Memang membuat komik selama 15 tahun bukanlah hal yang mudah. Scope creeping dari garis cerita di episode 1 hingga sepanjang perjalanan bertahun-tahun pasti terjadi. Cerita-cerita “tambahan” suka muncul yang terkadang tidak terintegrasi dengan cerita awal. Memang menjaga konsistensi cerita itu bukanlah hal yang mudah, saat ini yang baru benar-benar bisa menjaga ceritanya tetap satu jalur barulah komik One Piece. Naruto sendiri menurut saya sudah sampai pada titik ini kalau gak segera diakhiri bisa malah bikin cerita jadi ancur. Sudah kerasa sih sedikit banyak kejanggalan, tapi tak apa, akhirnya episode 700 bisa menutup kisah epic Naruto ini dengan baik.

Tribute to Naruto from One Piece

Tribute to Naruto from One Piece

Saya tidak akan spoiler bagaimana endingnya, yang jelas saya cukup puas dengan akhir dari komik Naruto ini. Lalu yang bikin saya cukup kagum adalah penulis One Piece memberikan tribute kepada Naruto dengan membuat cover chapter bertemakan Naruto yang sedang makan bareng Luffy. Di chapter akhir Naruto juga ada logo OnePiece ditampilkan di salah satu panel. Ini menunjukan bagaimana mereka berdua sebagai rival manga paling populer di dunia ini saling menghormati, apalagi dua judul ini bisa dibilang lahir di generasi yang sama.

Akhir kata selamat tinggal Uzumaki Naruto (kecuali klo ada sequlenya :p), terima kasih telah memberikan hiburan, kisah, dan pelajaran berharga dari satu chapter ke chapter lainnya hingga kini berakhir di chapter 700.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: