Iklan
My Journal

Pengalaman Belanja Online di Bestbuy

Sebelumnya disclaimer dulu, pemesanan yang saya lakukan di Bestbuy ini untuk ke alamat US yah. Saya post ini sebagai pembanding saja dengan layanan eCommerce yang saat ini ada di Indonesia. Saya melakukan pembelian dua kali, yang satu menggunakan jasa delivery yang standar lalu satu lagi menggunakan jasa delivery yang ekspres. Dua-duanya untuk pengiriman barang elektronik yang ukurannya kecil.

Jadi BestBuy sendiri gak hanya toko online, tapi juga ada gerai fisiknya. Mungkin kalau di Indonesia kayak Electronic Solution gitu kali yah. Yang menarik menurut saya dari belanja di Bestbuy itu adalah desain webnya yang super clean, proses dari milih item hingga checkout yang flawless, dan yang paling oke adalah sistem logistiknya yang rapih. Untuk ukuran toko retail, proses eCommerce di dalamnya sangat apik.

Yang pertama dari sisi desain webnya. Web di Bestbuy memudahkan kita untuk mencari barang yang kita inginkan, melihat rekomendasi yang relevan, dan semua kontennya di tampilkan sesuai dengan kebutuhan, tidak terlalu penuh tapi juga tidak sedikit informasi yang ditampilkan. Hal ini membuat pengalaman belanja di Bestbuy menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, karena toko ini segmented untuk barang elektronik, jadi juga tidak pusing untuk navigasi berbagai barang yang kita inginkan.

Lalu yang kedua proses memasukan benda yang kita inginkan ke dalam keranjang belanjaan hingga proses pembayaran berlangsung dengan sangat mudah. Saya senang karena proses pengisian data hingga pembayaran terjadi dengan bertahap sehingga kita tidak terlalu tertekan dengan input data. Lalu yang menarik juga karena proses pembayarannya yang memiliki banyak opsi mulai dari paypal, kartu kredit, atau ambil di store Bestbuy terdekat. Kita bisa memilih juga opsi delivery sebagai gift sehingga bonnya tidak dilampirkan.

Kemudian yang juga keren menurut saya adalah proses logistik dan pengirimannya. Untuk pengiriman dengan pembelian di atas $35 bebas biaya kirim. Saya coba paket standarnya yang katanya 5-6 hari kerja, namun kenyataannya dalam waktu tiga hari sudah dikirim. Lalu saya coba paket super expressnya yang sampai di hari kerja berikutnya, 1 hari sudah terkirim ke rumah. Mengingat Amerika sangat besar, sepertinya pengiriman dilakukan dari gudang terdekat dengan alamat itu deh sehingga bisa terikirim sangat cepat. Selain itu, proses trackingnya pun sangat aktual dan canggih. Saya dikirimkan email tiap barang yang saya pesan masuk atau keluar dari satu checkpoint, hingga terkirim ke rumah.

Lalu poin tambahan dari Bestbuy adalah adanya loyalty program yang menarik. Setiap pembelanjaan dalam nominal tertentu, bisa ditukar menjadi poin. Poin tersebut nanti bisa diredeem lagi untuk pembelanjaan berikutnya. Lalu kalau kita belanja dalam jumlah lebih besar dalam satu tahun, maka multiplier poin menjadi lebih besar. Loyalty program seperti ini yang kurang saya lihat di beberapa ecommerce besar di Indonesia. Sepertinya kita masih harus banyak belajar nih dalam memberikan pelayanan berbelanja online terbaik. Menurut saya Bestbuy sangat mudah, praktis, dan canggih. Saya sangat senang dengan sistem delivery dan logistiknya yang akurat.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

7 Comments on Pengalaman Belanja Online di Bestbuy

  1. Faizal Ade // 26/12/2014 pukul 8:39 am // Balas

    salam mas,
    mau tanya,
    kalo pesan barang elektronik di bestbuy, ntar dari beacukai indonesia dikenakan pajak lagi gk?
    terimakasih

    Suka

    • Halo Faizal Ade 🙂
      Untuk beli barang tentu tidak kena Bea Cukai. Bea Cukai baru kena kalau ada pengiriman barang ke Indonesia.
      So far sih best buy belum bisa melakukan pengiriman ke luar US/Canada setau saya.
      Semoga menjelaskan yah. Kalau masih bingung ditanyakan saja

      Suka

  2. Anggia Dewi Elizabeth // 26/06/2016 pukul 8:57 am // Balas

    Mau tanya, kalau bayar pakai kartu kredit indonesia bisa? Kok saya pilih Shipping address US, yg Billing Address cuma bisa US juga yah? Mohoooon bgt bantuannya.

    Suka

  3. Anggia Dewi Elizabeth // 26/06/2016 pukul 9:04 am // Balas

    Trus Mas pake credit card Indonesia kan yah? Mereka bukannya verifikasi yah Mas? Jadi data kartu kredit sama Billing Address beda, bisa yah?

    Suka

  4. Anggia Dewi Elizabeth // 26/06/2016 pukul 9:11 am // Balas

    Nah itu dia, hiks kyknya gak bia berarti. Thx anyway Mas.

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. Terpincut Situs Belanja Online Jakartanotebook | Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: