Iklan
My Journal

[App] Poki, Pocket Versi Windows Phone untuk Membaca Artikel Secara Offline

Minimnya aplikasi populer di store itu pedang bermata dua, merupakan kondisi negatif bagi pengguna, tapi juga menjadi peluang positif bagi developer. Developer di sini bisa menghadirkan aplikasi sejenis yang belum ada atau bisa juga membuat aplikasi tidak resmi untuk memudahkan user mengakses aplikasi populer tersebut. Contohnya dulu ketika Instagram belum ada, Windows Phone terkenalnya 6tag. Nah ini ada satu aplikasi yang saya cukup sering gunakan, tapi sayang di Windows Phone belum ada. Untungnya ada aplikasi tidak resmi yang punya kualitas yang sama okenya untuk mengakses aplikasi tersebut.

Aplikasi yang saya maksud adalah Poki. Poki adalah aplikasi untuk Windows Phone berupa offline reader yang terhubung dengan aplikasi yang sudah populer di ranah iOS dan Android yang bernama Pocket (silahkan dibaca reviewnya di sini). Poki memberikan kita fasilitas agar bisa menyimpan link berita yang ingin kita baca nanti, sehingga link tersebut didonlot dulu oleh Poki, lalu kita bisa membacanya lagi kapan pun kita mau tanpa koneksi internet.

Poki memiliki fitur yang sama lengkapnya dengan Pocket. Bahkan dari sisi tampilan, menurut saya Poki ini juara. User Experiencenya oke, gak kalah sama Pocket versi iOS dan Windows Phone. Saya kurang tahu pasti apakah Pocket akan tersedia di Windows Phone nantinya, yang jelas dengan Poki saja menurut saya sudah cukup. Fitur untuk membaca artikel offline berjalan dengan baik, mengatur tag artikel, menghapus artikel, membagi artikel ke sosial media, dan berbagai fitur lainnya berjalan dengan baik. Kalau ada satu hal yang paling menonjol dari Poki, tentu menurut saya adalah visualnya yang rapih dan apik.

Selain itu, Poki juga dikembangkan dengan fitur tambahan yang berbeda yakni adanya fitur untuk text to voice, jadi kita bisa minta dibacakan artikelnya dengan text recognition. Agak terbata-bata sih ngomongnya dan dalam bahasa Inggris, tapi ya boleh lah, masih bisa dipahami. Lalu yang unik lagi adalah di poki terdapat gamifcation. Ada achievement yang bisa kita dapat dengan melakukan berbagai hal sederhana di dalam aplikasi.

Bagi pengguna Windows Phone yang ingin merasakan layanan aplikasi Pocket, Poki adalah pilihan terbaik yang bisa kita gunakan. Silahkan langsung diunduh aplikasinya di link berikut ini. Poki sendiri merupakan aplikasi gratis, tapi memiliki in app purchase untuk upgrade ke fitur premium.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Comments on [App] Poki, Pocket Versi Windows Phone untuk Membaca Artikel Secara Offline

  1. Oiyaa, windows phone ga bisa install apps buat android ya?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: