My Journal

Belajar Bahasa Pemrograman Swift

Sebenernya dalam pengembangan game, Arsanesia makenya Unity dengan bahasa pemrograman C#. Namun ada beberapa fitur native yang tidak dimiliki oleh Unity sehingga kita harus membuat plug-innya. Kebetulan di Arsanesia itu gak ada iOS developer yang memang menguasai bahasa native dan saya memang awalnya meniatkan diri untuk mempelajari Objective C. Tapi bulan Juni lalu Apple mengumumkan bahasa pemrograman baru yang bernama Swift, akhirnya saya memutuskan untuk pelajari Swift dulu saja.

So far media belajar adalah eBook gratis dari Apple yang isinya dokumentasi dari bahasa Swift itu sendiri dan juga dari tutorial2 di Youtube (thanks a lot buat semua yg sudah membuat video tutorial). Masih nubi banget sih, tapi udah kebayang lah gimana makenya. Tinggal perbanyak jam terbang dan experience aja, yah itung-itung level up bahasa pemrograman dan environment baru lah yah, siapa tau ke depan kepake. Belajar itu kan investasi 🙂

Kesan saya setelah baru beberapa hari mempelajari Swift, satu kata, modern. Environmentnya memang dirancang untuk mentackle problem-problem terkini dan memberikan solusi yang belum ada sebelumnya seperti fitur automatic debugging yang langsung menampilkan value dari suatu variabel di samping text editornya langsung hingga desain syntaks yang dibuat untuk memudahkan pemrograman kompleks, contohnya pengguaan syntaks untuk string misalkan “score player 1 = /(score) dan score player 2 = /(score2)” dibandingkan bahasa lain yang harus menggunakan tanda petik dua (“) di antara string dan variabel. Hal ini memudahkan proses parsing misalkan masukin nilai di URL dsb.

Intinya bahasa pemrograman gak beda kayak bahasa manusia, untuk bisa menguasainya, harus sering-sering digunakan. Untuk saat ini bahasa yang paling sering saya pakai masih C# untuk proyek-proyek game di Arsanesia menggunakan Unity, tapi sambil pelan-pelan melancarkan bahasa baru buatan Apple ini 🙂 Semoga bisa segera fasih hehehe Mungkin nanti klo sudah jago, saya akan buat seri video tutorial juga.

* ada satu hal yang menarik, Apple menamai proyek yang dibuat dengan Swift dengan nama playground dan Apple mencantumkan komen di dalam file tersebut buat bikin image kalau coding di playground dengan Swift itu menyenangkan 🙂

// Playground – noun: a place where people can play

** buat yang mau belajar swift, ini ada tutorial yg oke, dari basic. Tapi harus udah punya modal ilmu programming dulu yah 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

7 Comments on Belajar Bahasa Pemrograman Swift

  1. senang sekali kalau dapat belajar dalam bahasa ibunda kita. Teruskan postingnya bang

    Suka

  2. Segera yah bro, ane masih kesulitan dengan tutorial yang berbahasa inggris. Meskipun kelihatannya mudah tapi kagak paham apa yang disampaikan dari tutorial yang ada.

    Suka

  3. sangat di tunggu om video turorialnya,,,,, 😉

    Suka

  4. Jujur saya dari android jadi kepincut ke swift mas.. Bener2 memanjakan programmer..
    Sekalian nitip link mas.. Isinya tentang pemrograman swift 2.2 dari dasar
    http://catatancandra.id
    Silahkan datang ke channel youtub saya..
    “candra triyadi” berisi tutorial2 membuat aplikasi ios pakai bahasa swift
    Terima kasih

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: