My Journal

[GameLog] Tantangan Maintenance Multiplatform

Saat ini roly poly penguin baru ada di Android dan Windows Phone. Sebentar lagi juga akan tersedia di platform iOS. Namun baru di dua platform saja, saya sudah merasakan hebohnya ngemaintain dua platform tersebut. Sebenernya proses develop di multiplatform sudah lebih ringan karena saya menggunakan engine unity. Akan tetapi, tetap saja ada fitur-fitur natif yang mau gak mau harus dipersiapkan sendiri untuk masing-masing platform seperti masalah iAP, sosial media integration, dan lain-lain.

Dari sisi testing dan publishing pun juga merupakan pekerjaan rumah tersendiri. Kita harus memastikan aplikasi kita berjalan baik sebelum diluncurkan. Proses beta testing di masing-masing platform saja beda-beda dan tidak semuanya bisa mewakili kondisi di production seperti apa. Jadi udah beberapa kali saya dan tim abis ngepublish update, harus langsung ditarik dari pasar karena ada kondisi yang luput dari testing atau baru bisa dicoba di versi rilis (seperti payment). Jadi dengan multiplatform, cara kita testing beda, behavior di masing-masing platform beda, belum lagi permasalahan untuk spek device yang juga variatif.

Idealnya, dan ini yang paling banyak dilakukan oleh developer, mulailah dari satu platform dulu. Platform yang paling populer untuk dijadikan batu pijakan di awal tentu platform iOS milik Apple. Alasannya adalah karena memiliki ekosistem yang sudah sangat mature, early adopter yang siap menggunakan dan memberikan feedback terhadap aplikasi kita, dan yang paling penting adalah variasi device yang sangat minim (dulu). Untuk sekarang, sih sebenernya cukup variatif dari sisi resolusi layar, ada layar bantetnya iPhone 4S, layar panjangnya iPhone 5, resolusi iPhone 6 dan 6 plus, belum lagi iPad. Untungnya adopsi teknologi baru Apple dari sisi OS dan hardware cenderung cepat sehingga kita bisa mulai fokus di iOS 7 ke atas dan resolusi 16:9 untuk iPhone.

Namun demi memperlebar sayap dan mengejar mimpi agar aplikasi kita bisa digunakan oleh banyak orang, walaupun penuh tantangan, multiplatform tetap saya dan tim lakukan. Tentu kami menyadari resiko tersebut, tapi sangat sebanding dengan kepuasan ketika berhasil memberikan yang terbaik untuk masing-masing platform. Momen ketika update atau submit apllikasi itu selalu jadi momen yang penuh dengan perjuangan dan menegangkan :p

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: