Iklan
My Journal

Siap-Siap Ada Tiga Fitur Keren USB Generasi Baru

Baru-baru ini Video Electronics Standards Association (VESA) mengumumkan USB tipe C yang akan menjadi generasi penerus USB yang selama ini kita gunakan. Biasanya kita menggunakan slot USB untuk bertukar data. Kita biasa pakai USB untuk menggunakan harddisk eksternal, flashdrive/flashdisk, keyboard, dan lain-lain. Nah di generasi terbaru nanti, ada tiga fitur keren yang membuat kabel USB generasi baru ini bisa jadi lebih oke lagi loh.

1. Bisa Bolak-Balik

Istilah kerennya sih reversible. Sering kan kita mau nyolok kabel USB itu tapi kebalik mana yang atas mana yang bawah. Nah di generasi baru ini, USB bakal dedesain bisa dua sisi masuk ke slotnya tanpa perduli mana yang atas mana yang bawah. Lumayan oke nih untuk mempercepat waktu kita untuk nyolok yang ada kemungkinan 50:50 kebalik. Hehehe

2. Bisa Transfer Data Lebih Cepet

Kalau yang sekarang ada di generasi saat ini, USB 3.0, kecepatan transfer datanya mencapai 5 gigabits persecond. Kira-kira bisa mentransfer file 640MBps. Nanti di generasi terbaru ini, kecepatannya akan mencapai 10Gbps. Nransfer file dari PC ke harddisk bisa jauh lebih singkat kalau pakai USB tipe C ini nanti.

3. Bisa Mengirim Audio dan Video

Nah ini yang paling oke nih kalau menurut saya. Jadi selama ini kalau mau presentasi dari laptop ke proyektor, kita harus pakai kabel VGA kan. Atau kalau ke TV kita harus pakai HDMI. Nah dengan generasi baru dari USB ini, dia bisa langsung mentransfer Video dan Audio loh. Jadi gak perlu repot-repot nyediain berbagai jenis kabel kalau udah ada satu standar kabel USB yang bisa melakukan berbagai keperluan kita 🙂

Untuk lebih jauhnya, bisa dibaca press rilis dari VESA atau liputan dari The Verge.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Trackback / Pingback

  1. Tentang USB Port C dan Masa Depannya | Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: