My Journal

Teknologi Laser Cutting

Di suatu event, saya berkenalan dengan orang yang duduk di sebelah saya yang kebetulan merupakan pengusaha laser. Ketika denger itu, pertanyaan saya langsung ke lightsaber di film Star Wars :p Katanya sih bikin itu udah bisa, tapi yang belum bisa mempertahankan panjang lasernya. Hehehe Biasa kalau kenalan dengan orang lain yang profesinya berbeda, saya langsung kepo dan nanya-nanya tentang pekerjaannya.

Beliau punya usaha jasa pemotongan menggunakan laser. Bisa motong apapun dengan energi yang lebih efisien dan akurasi yang lebih tinggi dibandingkan menggunakan tools lain. Usahanya menerima pemotongan plat baja hingga membuat merchandise kecil-kecil dan lucu. Menurut saya keren nih kalau some day mau bikin merchandise dari bahan baku metal kayak badge gitu, soalnya hasilnya super presisi dan detil banget. Bisa juga buat yang lagi bikin kampanye di Kickstarter, ngasih reward merchandise dari bahan baja gitu :p hehehe

Motong logam dengan presisi tinggi hanya seukuran logam 1000 rupiah

Motong logam dengan presisi tinggi hanya seukuran logam 1000 rupiah

Mesinnya sendiri ia datangkan dari luar negeri. Softwarenya juga dari luar negeri. Di Indonesia belum ada yang bisa produksi hardware maupun software untuk cutting ini. Saya ketemu dia di ITB, salah satu tujuannya dia main ke ITB adalah mencari engineer yang mau ngebuat softwarenya asli dari Indonesia. Harapannya sih kedepan semua tools tersebtu bisa dibuat dari Indonesia, gak perlu beli-beli ke luar lagi. Rasanya sih anak Indonesia bisa, tapi mungkin banyak yang belum mengutilisasi SDM dari Indonesia dengan baik saja sehingga karya-karyanya tidak terlihat.

Semoga nanti SDM di Indonesia bisa semakin berkualitas dan mampu membuat karya yang luar biasa dari produk luar negeri sehingga tidak perlu lagi impor-impor barang seperti ini. Bahkan semoga nanti yang pertama menciptakan Lightsaber adalah orang Indonesia yah 🙂

About Adam Ardisasmita (1373 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan komentar