Iklan
My Journal

Efek Dari Mengganti Themes Blog

Views vs Visitors

Salah satu alasan saya mengganti themes blog saya yang sebelumnya modelnya “jurnal” menjadi model “magazine” seperti sekarang ini adalah untuk mempermudah navigasi. Saya sudah membulatkan tekan untuk ngeblog tiap hari, sekarang saya bisa post tiga artikel dalam satu hari, semoga bisa konsisten ke depannya. Dengan jumlah post yang semakin banyak, saya membutuhkan UI blog yang lebih mengutamakan unsur kategori dibandingkan urutan cerita.

Buat saya sendiri, dengan adanya section featured, spotlight, kategori, dll di blog ini membuat saya lebih mudah untuk berpindah-pindah cerita. Ternyata tidak saya saja yang merasakan ini, dari segi pengunjung di blog ini pun jadi lebih mudah untuk beralih dari satu cerita ke cerita lain yang topiknya mereka sukai. Mungkin karena perubahan themes ini belum ada sebulan efeknya kurang begitu berasa yah, tapi yang bisa saya lihat adalah angka dari perbandingan visitors per views.

Jadi klo Visitors itu orang yang masuk ke blog saya, mostly dari google search, ke suatu artikel. Setiap ada pengunjung baru, diitungnya adalah new visitors. Tapi kalau view, itu bisa dari pengunjung yang udah masuk ke blog ini, ngebaca satu artikel, terus klik ke artikel yang lain. Itu hitungannya jumlah viewnya. Kalau jumlah visitor = jumlah view, artinya orang hanya baca artikel itu, terus udah pergi aja. Tapi kalau view > visitor, artinya orang seneng baca-baca di blog kita.

Nah semenjak tanggal 22 agustus yang lalu saya ganti themes blog, awalnya rata-rata perbandingan view/visitor 1,2-1,3, artinya dari 5 orang yang masuk ke blog saya, ada 1 orang yang baca dua tulisan berbeda. Kini, rata-rata view/visitor 1,7-1,9, artinya sebagian besar orang yang masuk ke blog saya, minimal baca 1 lagi artikel berbeda di blog ini. Dengan pengkategorian yang lebih rapih, related post bisa dilihat dengan mudah juga.

Bagi saya, adalah sesuatu hal yang memuaskan ketika tulisan kita bisa dinikmati oleh orang lain, bisa memberikan manfaat, apalagi bisa menginspirasi banyak orang. Kalau ada saran masukan terkait tampilan, navigasi, atau pengkategorian, silahkan saja disampaikan 🙂 Akan dengan senang hati memperbaiki blog ini agar bisa lebih mudah dinikmati.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: